Ratusan Pelajar Gunungkidul Ikuti Seleksi Kompetisi Sains Nasional 2020

Ilustrasi siswa sekolah - JIBI
12 Maret 2020 22:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 384 siswa SD di Gunungkidul mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 tingkat kabupaten di SD Negeri Piyaman, Wonosari, Kamis (12/3/2020). Seleksi ini digelar sebagai tahapan untuk mencari peserta yang akan maju ke tingkat provinsi.

Kepala Bidang SD Disdikpora Gunungkidul, Sumarto, mengatakan seleksi KSN tingkat kabupaten merupakan langkah untuk menuju kompetisi yang lebih tinggi. Para siswa apabila lolos dari seleksi ini berhak mewakili Gunungkidul untuk maju ke tingkat provinsi. “Harapannya tidak hanya berhenti di tingkat provinsi, tetapi bisa terus lanjut dan ikut dalam KSN tingkat nasional,” kata Sumarto, Kamis.

Kepala SD Negeri Piyaman 1, Iryan Swasini, menyiapkan 12 kelas untuk seleksi KSN tingkat kabupaten. Setiap kelas memiliki daya tampung hingga 30 anak sehingga ruangan dirasa memadai untuk pelaksanaan seleksi. “Semua sudah kami persiapkan dan pelaksanaan berjalan dengan lancar,” katanya.

Menurut dia, SD Negeri Piyaman 1 hanya menjadi lokasi seleksi. Sedangkan untuk materi seleksi berasal dari Kemendikbud. Untuk proses seleksi diawasi oleh petugas dari Disdikpora Gunungkidul.