Advertisement

Ingin Dekatkan Diri dengan Masyarakat, Ini Dia Cara DPRD Jogja

Lugas Subarkah
Senin, 16 Maret 2020 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Ingin Dekatkan Diri dengan Masyarakat, Ini Dia Cara DPRD Jogja Ketua DPRD Jogja Danang Rudiatmoko (tengah) berfoto bersama perwakilan Harian Jogja di DPRD Jogja, Senin (16/3/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam rangka ingin lebih dekat dengan masyarakat, DPRD Kota Jogja bakal mengintensifkan forum khusus dengan suasana santai yang melibatkan masyarakat secara aktif di dalamnya. Hal ini diharapkan bisa lebih memaksimalkan peran masyarakat Jogja dalam pembangunan.

Ketua DPRD Kota Jogja, Danang Rudiatmoko, mengatakan forum tersebut nantinya bersifat informal dengan melibatkan beberapa anggota DPRD Kota Jogja, masyarakat dan juga media massa. "Forum ini kami rancang agar kami bisa lebih dekat masyarakat. Dengan begitu penghimpunan aspirasi dari warga pun bisa menjadi lebih efektif," katanya saat menerima kunjungan Harian Jogja, Senin (16/3/2020).

Advertisement

Lantaran sifatnya yang informal dan lebih dekat dengan masyarakat, forum tersebut, kata dia, bisa diwujudkan dalam kegiatan semacam coffee morning. "Mungkin bisa digelar sepekan sekali atau dua kali dalam sebulan. Jadi kami bisa mendengar aspirasi masyarakat, sekaligus bisa di-update media," ujarnya.

Forum itu, imbuh dia, bisa jadi media diskusi dua arah antara DPRD Kota Jogja dan masyarakat tentang isu yang sedang berkembang. Dia mencontohkan beberapa waktu lalu sempat ramai dibicarakan soal kenaikan PBB hingga sampai 400%.

Menurutnya, hal semacam itu terjadi karena kurangnya komunikasi antara legislatif, eksekutif dan masyarakat sebagai wajib pajak. “Jadi menurut kami, semua persoalan bisa diselesaikan jika ada komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat,” ucap Danang.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono, mengatakan di era pesatnya laju informasi dengan berbagai isu ini, DPRD memamg perlu lebih delat pada masyarakat, agar semakin mudah pula menyerap berbagai masukan dari masyarakat.

Pendekatan itu juga perlu dikonsep dengan segar agar tidak menimbulkan kesan birokratis dan menarik bagi masyarakat berbagai kalangan. "Media [massa] juga perlu dilibatkan sebagai rekan untuk menyebarluaskan hasil forum," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement