Tetap Gelar UNBK Saat Virus Corona Meluas, Sekolah di Kulonprogo Wajib Sediakan 2 Benda Ini

Kepala SMK N 1 Pengasih, Istihari Nugraheni menunjukkan ruang yang digunakan untuk UNBK, Senin (16/3/2020). - Harian Jogja/ Jalu Rahman Dewantara
17 Maret 2020 01:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19, ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kulonprogo yang digelar serentak mulai Senin (16/3/2020) tetap berjalan. Guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut, pihak sekolah telah melakukan berbagai langkah pencegahan.

Seperti halnya di SMK N 1 Pengasih. Setiap masuk dan keluar dari dan ke ruangan ujian, peserta diwajibkan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan pihak sekolah. Pihak sekolah juga telah menyediakan tisu untuk para siswa peserta ujian yang jumlahnya sebanyak 315 orang.

Kepala SMK N 1 Pengasih, Istihari Nugraheni mengatakan upaya pencegahan ini merupakan tindaklanjut dari arahan Pemda DIY. Setiap sekolah penyelengara ujian diwajibkan menyediakan dua benda tersebut sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19.

Isti mengatakan di samping menyediakan hand sanitizer dan tisu, pihaknya juga mengoptimalkan kinerja Unit Kesehatan Sekolah (UKS). "Kami optimalkan fasilitas yang ada, apa yang kami bisa akan diupayakan untuk pencegahan," ujarnya kepada wartawan di sela-sela UNBK di SMK N 1 Pengasih, Senin siang.

Salah satu siswa peserta ujian, Regita Prisdayanti Puspa mengaku cukup khawatir dengan mewabahnya virus ini. Oleh karena itu ia melakukan antisipasi sebaik mungkin seperti membersihkan meja tempatnya ujian. "Untuk antisipasi aja mas," ucapnya.

Sementara itu Staf Seksi Layanan Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kulonprogo, Endang Sri Wahyuningtyas mengatakan penyediaan hand sanitizer dan tisu adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh sekolah penyelenggara UNBK.

Pihak sekolah juga dituntut untuk memperhatikan kebersihan perangkat komputer meliputi monitor, keyboard, mouse dan lain sebagainya yang digunakan peserta ujian.