Advertisement

Tetap Gelar UNBK Saat Virus Corona Meluas, Sekolah di Kulonprogo Wajib Sediakan 2 Benda Ini

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 17 Maret 2020 - 01:17 WIB
Nina Atmasari
Tetap Gelar UNBK Saat Virus Corona Meluas, Sekolah di Kulonprogo Wajib Sediakan 2 Benda Ini Kepala SMK N 1 Pengasih, Istihari Nugraheni menunjukkan ruang yang digunakan untuk UNBK, Senin (16/3/2020). - Harian Jogja/ Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19, ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kulonprogo yang digelar serentak mulai Senin (16/3/2020) tetap berjalan. Guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut, pihak sekolah telah melakukan berbagai langkah pencegahan.

Seperti halnya di SMK N 1 Pengasih. Setiap masuk dan keluar dari dan ke ruangan ujian, peserta diwajibkan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan pihak sekolah. Pihak sekolah juga telah menyediakan tisu untuk para siswa peserta ujian yang jumlahnya sebanyak 315 orang.

Advertisement

Kepala SMK N 1 Pengasih, Istihari Nugraheni mengatakan upaya pencegahan ini merupakan tindaklanjut dari arahan Pemda DIY. Setiap sekolah penyelengara ujian diwajibkan menyediakan dua benda tersebut sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19.

Isti mengatakan di samping menyediakan hand sanitizer dan tisu, pihaknya juga mengoptimalkan kinerja Unit Kesehatan Sekolah (UKS). "Kami optimalkan fasilitas yang ada, apa yang kami bisa akan diupayakan untuk pencegahan," ujarnya kepada wartawan di sela-sela UNBK di SMK N 1 Pengasih, Senin siang.

Salah satu siswa peserta ujian, Regita Prisdayanti Puspa mengaku cukup khawatir dengan mewabahnya virus ini. Oleh karena itu ia melakukan antisipasi sebaik mungkin seperti membersihkan meja tempatnya ujian. "Untuk antisipasi aja mas," ucapnya.

Sementara itu Staf Seksi Layanan Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kulonprogo, Endang Sri Wahyuningtyas mengatakan penyediaan hand sanitizer dan tisu adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh sekolah penyelenggara UNBK.

Pihak sekolah juga dituntut untuk memperhatikan kebersihan perangkat komputer meliputi monitor, keyboard, mouse dan lain sebagainya yang digunakan peserta ujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement