Baru Sehari Operasi, BBTKLPP Jogja Sudah Terima 84 Sampel Pemeriksaan Covid-19

Foto ilustrasi. - Reuters
18 Maret 2020 17:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) telah menerima sebanyak 84 sampel darah untuk diperiksa terkait Covid-19. Sampel itu berasal dari pasien dalam pengawasan (PPD) maupun beberapa orang dalam pengawasan (ODP) di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Kepala BBTKLPP Yogyakarta Irene menjelaskan hingga Rabu (18/3/2020) sudah banyak sampel untuk diperiksa terkait Covid-19 baik PDP maupun ODP atau kontak tracing. Karena BBTKLPP memiliki kewenangan wilayah DIY dan Jawa Tengah sehingga menerima sampel cukup banyak terutama dari Jawa Tengah. Sampel itu berasal dari rumah sakit negeri maupun swasta.

"Sampai hari ini kami menerima 84 sampel dari wilayah DIY dan Jawa Tengah karena sesuai kewenangan kami di wilayah DIY dan Jawa Tengah," katanya, Rabu (18/3/2020).

Ia mengatakan sampel itu saat ini masih dalam tahap proses laboratorium mulai Rabu (18/3/2020) hari di BBTKLPP Yogyakarta karena telah diberikan kewenangan terkait primer dan reagen. Irene menjelaskan primer dan reagen ini merupakan sesuatu yang digunakan untuk pereaksi sampel yang akan diperiksa. Di mana ada dua primer yaitu untuk ekstraksi dan primer untuk pembacaan. Untuk primer ekstraksi BBTKLPP sudah memiliki stok yang cukup, sedangkan primer untuk pembacaan dikirim dari Litbangkes. "Untuk sementara yang primer pembacaan ini sudah ada, didrop dari Litbangkes," katanya.