Advertisement

Baru Sehari Operasi, BBTKLPP Jogja Sudah Terima 84 Sampel Pemeriksaan Covid-19

Sunartono
Rabu, 18 Maret 2020 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Baru Sehari Operasi, BBTKLPP Jogja Sudah Terima 84 Sampel Pemeriksaan Covid-19 Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) telah menerima sebanyak 84 sampel darah untuk diperiksa terkait Covid-19. Sampel itu berasal dari pasien dalam pengawasan (PPD) maupun beberapa orang dalam pengawasan (ODP) di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Kepala BBTKLPP Yogyakarta Irene menjelaskan hingga Rabu (18/3/2020) sudah banyak sampel untuk diperiksa terkait Covid-19 baik PDP maupun ODP atau kontak tracing. Karena BBTKLPP memiliki kewenangan wilayah DIY dan Jawa Tengah sehingga menerima sampel cukup banyak terutama dari Jawa Tengah. Sampel itu berasal dari rumah sakit negeri maupun swasta.

Advertisement

"Sampai hari ini kami menerima 84 sampel dari wilayah DIY dan Jawa Tengah karena sesuai kewenangan kami di wilayah DIY dan Jawa Tengah," katanya, Rabu (18/3/2020).

Ia mengatakan sampel itu saat ini masih dalam tahap proses laboratorium mulai Rabu (18/3/2020) hari di BBTKLPP Yogyakarta karena telah diberikan kewenangan terkait primer dan reagen. Irene menjelaskan primer dan reagen ini merupakan sesuatu yang digunakan untuk pereaksi sampel yang akan diperiksa. Di mana ada dua primer yaitu untuk ekstraksi dan primer untuk pembacaan. Untuk primer ekstraksi BBTKLPP sudah memiliki stok yang cukup, sedangkan primer untuk pembacaan dikirim dari Litbangkes. "Untuk sementara yang primer pembacaan ini sudah ada, didrop dari Litbangkes," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement