Bertambah Nyaris Tiap Hari, Pasien Positif Corona di Jogja Kini Jadi 34, Sembuh 6

Foto ilustrasi. - Reuters
04 April 2020 17:52 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pasien positif terinfeksi covid-19 di DIY terus bertambah nyaris setiap hari. Pada Sabtu (4/4/2020), keluar hasil uji lab yang menyatakan kasus positif bertambah tiga pasien.

Kabar baiknya, pada hari yang sama sebanyak tiga pasien positif dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menjelaskan berdasarkan laporan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKL) Yogyakarta, tiga tambahan kasus positif ini terdiri dari kasus 33, laki-laki, 33 tahun, warga Bantul; kasus 34, laki-laki, 30 tahun, warga Bantul; dan kasus 35, laki-laki, 60 tahun, warga Sleman. Untuk diketahui sejatinya ada 35 kasus di DIY, tetapi pendataan salah satu pasien dikembalikan ke daerah asal di Jawa Tengah karena bukan warga DIY, sehingga pendataan di DIY secara resmi ada 34 saat ini.

Sementara itu laporan hasil uji BBTKL pada hari yang sama menyatakan sembuh pada tiga kasus positif corona, yang meliputi kasus 4, laki-laki, 50 tahun, warga Bantul; kasus 9, laki-laki, 4 bulan, warga Kulonprogo; dan kasus 11, laki-laki, 55 tahun, warga Gunungkidul.

Ketiganya dinyatakan sembuh setelah diperiksa sebanyak dua kali dengan hasil negatif. “Maka saat ini total kasus positif di DIY sebanyak 34 kasus, enam berhasil sembuh dan tiga meninggal. Sementara kasus negatif sebanyak 100 kasus, dua di antaranya meninggal,” ujarnya.

Adapun pasien yang masih dalam proses uji swab sebanyak 195 kasus, dengan delapan di antaranya meninggal. Total, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) DIY sebanyak 330 pasien dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2.692 orang.

Dibanding hari sebelumnya, Jumat (3/4/2020), PDP meningkat sebanyak 29 pasien dan ODP meningkat sebanyak 140 orang.