PDIP Jogja Bagi-Bagikan Jamu Tradisional

Foto dari bentuk tiga dimensi model Virus Corona. - Reuters/ Dado Ruvic
05 April 2020 22:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--DPC PDIP Kota Jogja membagikan ratusan bungkus jamu tradisional serta ribuan masker bagi masyarakat di Kota Jogja, Minggu (5/4/2020).

Wakil Ketua DPC PDIP Kota Jogja Dwi Saryono menjelaskan pembagian jamu tradisional itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat dalam mencegah pandemi corona. Ia meyakini jamu tradisional yang berasal dari beragam tanaman lokal memberikan manfaat bagi tubuh, bahkan digunakan oleh orang terdahulu. "Jamu yang diracik ini merupakan resep leluhur terdiri atas 11 macam empon-empon, yang menjadi minuman berkhasiat," katanya, Minggu.

Adapun jumlah jamu yang dibagikan kepada warga berjumlah 800 bungkus. Selain itu pihaknya juga membagikan 1.100 masker kepada masyarakat, terutama di wilayah Pakualaman dan Gondomanan. "Harapannya memberikan manfaat bagi masyarakat. Sosialiasi ke masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga kami lakukan," ujarnya.

Dwi mengatakan PDIP Kota Jogja melakukan pembersihan dan penyemprotan lingkungan secara berkala di beberapa lokasi yang belum banyak tersentuh. Di Kecamatan Gondomanan dan Pakualaman misalnya dijadwalkan penyemprotan dengan disinfektan sebanyak dua kali. "Sebisa mungkin kami mengerahkan kader untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran  dan proses pelaksanaannya sangat memperhatikan protokol kesehatan dengan tidak melibatkan banyak orang," katanya.