PMI Gandeng Kodim Gelar Aksi Donor Darah

Ilustrasi Donor darah - JIBI
08 April 2020 20:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Palang Merah Indonesia (PMl) bersama Kodim 0730/Gunungkidul menggelar aksi donor darah selama dua hari, Rabu-Kamis (8-9/4/2020) di Aula Kodim. Kegiatan tersebut sebagai upaya PMI bersama stakeholder dalam mengantisipasi kian menipisnya stok darah.

Dandim 0730/Gunungkidul, Letkol Inf. Noppy Laksana Armyanto, menjelaskan jajarannya terus mendukung upaya PMI dalam aksi penggalangan darah. Selain menyediakan tempat, Kodim juga membantu menyosialisasikan kegiatan guna mengajak masyarakat berpartisipasi mendoronkan darah. "Kami membantu sosialisasi, menyediakan tempat sekaligus mengajak personil dan masyarakat untuk mengikuti aksi donor darah," kata Noppy kepada wartawan, Rabu.

Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo, mengungkapkan dalam kegiatan donor darah di tengah pandemi jajarannya tetap berpegang pada protokol kesehatan demi menjaga kualitas darah agar terhindar dari virus Corona.

Beberapa poin yang diperhatikan dalam pengambilan darah di tengah pandemi di antaranya pendonor wajib mengikuti cek suhu tubuh, warga dengan gejala batuk dan pilek serta memiliki rekam jejak dari luar daerah atau luar negeri dilarang ikut mendonorkan darah. "Selama proses pengambilan darah, petugas kami menggunakan APD lengkap," katanya.