Advertisement

Pembatasan Jam Operasional Swalayan Masih Dikaji

Muhammad Nadhir Attamimi
Kamis, 16 April 2020 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pembatasan Jam Operasional Swalayan Masih Dikaji Ilustrasi toko modern. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul mengkaji pembatasan jam operasional supermarket atau pasar swalayan. Kajian tersebut harus matang karena berdampak pada untung dan ruginya para pengusaha.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, mengungkapkan kajian pembatasan jam operasional tersebut sebagai upaya Pemkab untuk meminimalkan penyebaran Corona di Gunungkidul. "Untuk sementara baru dikaji tentang pembatasan jam operasional untuk swalayan," kata Johan saat ditemui Harian Jogja, Kamis (16/4/2020).

Advertisement

Menurut dia, kajian perlu dilakukan dengan matang karena berdampak pada pendapatan swalayan tersebut. Selain itu, jika pembatasan dilakukan justru memicu kepanikan warga sehingga datang ke swalayan karena waktu operasional toko yang terbatas. "Jangan sampai dengan pembatasan ini justru akan menimbulkan penumpukan pengunjung di toko swalayan," katanya.

Meski Pemkab belum memberlakukan pembatasan, sudah ada beberapa swalayan maupun supermarket di Gunungkidul yang berinisiatif membatasi jam operasional secara mandiri dengan menutup toko lebih awal. "Dengan kondisi seperti saat ini sudah ada beberapa toko swalayan yang secara mandiri membatasi jam operasional," kata Johan.

Sebelum menerbitkan surat edaran pembatasan jam operasional, Disperindag bakal menyusun protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengelola toko modern dan swalayan seperti menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitazier, pengunjung harus menggunakan masker, menjaga jarak antrean di kasir, hingga menjaga kebersihan lingkungan swalayan. "Kami sudah menyusun protokol untuk dilaksanakan di toko swalayan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement