Advertisement

Tertular Pasien, Dokter di Kota Jogja Tulari Istri dan Anaknya

Lugas Subarkah
Senin, 20 April 2020 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Tertular Pasien, Dokter di Kota Jogja Tulari Istri dan Anaknya Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dokter di Kota Jogja yang tertular Covid-19 dari pasiennya menulari istri dan anaknya. Istri dan anak dokter tersebut diidentifikasi sebagai pasien Kasus 70 dan 71.

Berdasarkan data yang tercantum di corona.jogjaprov.go.id, pasien Kasus 70 dan 71 beralamat di Kecamatan Gondokusuman.  Di Kecamatan tersebut, ada tiga pasien positif Covid-19. Satu pasien lagi diidentifikasi sebagai Kasus 39, lelaki 51 tahun, dan besar kemungkinan dokter tersebut, yang kasus positifnya sudah diumumkan pada Selasa 7 April lalu. 

Advertisement

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengatakan keduanya adalah istri dan anak dari dokter yang sebelumnya tertular Covid-19 dari pasien.  "Sudah [melalui hasil swab] positif semua, sampai saat ini [per Sabtu 18 April 2020] masih positif [belum dinyatakan sembuh]," kata Heroe melalui sambungan telepon Sabtu (18/4) petang.

Kasus positif Covid-19 pertama di Gondokusuman diumumkan pada Selasa 7 April lalu. Namun  Pemerintah Kota Jogja baru mengumumkan adanya dua dokter yang bekerja di dua fasilitas layanan kesehatan di Kota Jogja yang positif terinfeksi virus Corona penyebab Covid-19 pada Sabtu (19/4) . Satu dari dua pasien positif itu adalah dokter yang menangani pasien Covid-19. Sementara, satu dokter lain tertular dari suaminya yang pulang dari Jakarta.

"Bekerja di dua layanan kesehatan [di Kota Jogja]. Yang satu yang sudah diketahui [positif] dua pekan lalu itu diduga karena suaminya pulang dari Jakarta. Yang baru diketahui hasilnya positif empat hari lalu itu karena terpapar oleh pasien [saat menangani pasien Covid-19]," katanya.

Dengan adanya istri dan anak dokter yang positif tertular Corona, pasien positif Covid-19 di DIY bertambah dua orang pada Senin (20/4/2020) menjadi 69 orang.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement