Advertisement

DPP Borong Hasil Penen Sayuran dan Buka Warung Gratis

Muhammad Nadhir Attamimi
Senin, 11 Mei 2020 - 23:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
DPP Borong Hasil Penen Sayuran dan Buka Warung Gratis Ilustrasi Sayuran - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dampak penyebaran Covid-19 membuat harga sayuran hasil panen para petani di Gunungkidul lesu. Untuk membantu para petani, Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul berinisiatif untuk memborong hasil panen dan membuka warung gratis untuk warga yang membutuhkannya.

"Hasil panen para petani yang tidak bisa dijual kami beli dan kami berikan secara gratis bagi warga yang membutuhkan dalam bentuk paket," kata Kepala DPP Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, Senin (11/5/2020).

Advertisement

Menurut Bambang, selama beberapa bulan terakhir petani sayur cukup terdampak dengan merebaknya virus Corona. Hal ini terbukti dari lesunya pemasaran hingga harganya yang turun.

Ia mengungkapkan jajarannya sebelumnya mendata petani untuk menyetok berbagai bahan yang dibutuhkan, terutama petani yang mengalami dampak. "Kegiatan ini merupakan aksi sosial dari pegawai DPP dalam rangka ikut menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan solidaritas sosial dalam masa pandemi Covid-19," paparnya.

Bambang menuturkan bahan-bahan mentah dari warung gratis yang digelar di halaman Kantor DPP Gunungkidul bisa diakses oleh seluruh warga yang membutuhkan. Selain itu, DPP juga mempersilakan jika ada warga yang ingin membantu meringankan beban bersama dengan memberikan sumbangan. "Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau warga yang membutuhkan bantuan dan bisa semakin banyak masyarakat yang terbantu," katanya.

DPP Gunungkidul berencana membuka warung gratis setiap Senin, Selasa dan Rabu mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. Namun untuk saat ini kegiatan berbagi pangan hanya untuk Mei. "Kami berharap bisa membantu bagi yang membutuhkan juga turut membantu menyalurkan hasil petani sayuran," ujarnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan DPP Gunungkidul, Raharjo Yuwono, mengungkapkan jajarannya tidak menetapkan syarat tertentu untuk bisa mengakses bahan pangan gratis alias bebas bagi siapapun. Meski demikian jajarannya tetap menerapkan protokol kesehatan untuk setiap warga yang mengambil bantuan, seperti wajib memakai asker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan. "Hari ini kami menyediakan 115 paket bantuan pangan mentah yang berisi sayur-sayuran, bawang merah, bawang putih, tahu, tempe, cabai dan daging ayam," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement