Halalbihalal dan Open House di Kantor Gubernur DIY Ditiadakan

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyalami warga satu per satu saat open house syawalan Lebaran 2019 di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Senin (10/6/2019) - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
27 Mei 2020 17:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Berbeda dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya, dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY meniadakan kegiatan halalbihalal dan open house syawalan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana, menjelaskan ditiadakannya halalbihalal dan open house syawalan ini sesuai anjuran pemerintah Pusat untuk menghindari kegiatan yang berpotensi menciptakan kerumunan.

"Penyebaran virus covid-19 harus tetap diwaspadai dengan tidak mengadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, termasuk halal bi halal dan syawalan. Sebisa mungkin protokol kesehatan tetap ditaati,” ujarnya, Selasa (26/5/2020).

Menurutnya, medua kegiatan ini akan mengumpulkan masa dengan mobilitas pengunjung yang beraneka ragam. "Kita tidak bisa menebak mana yang terjangkiti virus, karena bisa saja terjangkiti tapi tanpa gejala. Lebih baik melakukan pencegahan," kata dia.

Ia menuturkan yang terpenting pada saat ini adalah tetap menerapkan Pola Hidup
Bersih dan Sehat (PHBS) serta menunda bepergian keluar rumah kecuali untuk sesuatu yang sangat penting. Jika berada di luar rumah, hendaknya selalu mengenakan masker dan rajin untuk mencuci tangan.