Advertisement

Tak Hanya Andong, Becak di Malioboro Juga Terapkan Protokol Kesehatan

Catur Dwi Janati
Kamis, 18 Juni 2020 - 21:47 WIB
Nina Atmasari
Tak Hanya Andong, Becak di Malioboro Juga Terapkan Protokol Kesehatan nSejumlah pengemudi becak meminta sumbangan dana untuk kehidupan sehari-hari mereka di simpang empat Blok O, Banguntapan, Bantul, Rabu (17/06/2020). Para pengemudi becak yang biasa mangkal di Malioboro ini kina bertahan hidup dari belas kasihan. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 juga dilakukan tukang becak kayuh Malioboro.

Pengurus Paguyuban Becak Kayuh Malioboro, Jiyono mengatakan sebagain besar pengemudi becak telah menggunakan masker, face shield, dan memasang sekat pembatas antara supir becak dan penumpang.

Advertisement

"Sekat pembatas antara tukang becak dan penumpang sebenarnya sudah banyak dipasang tukang becak," kata Jiyono, Kamis (18/6/2020).

Ia menegaskan biaya operasional penerapan protokol Covid-19 ini merupakan biaya mandiri dari para pengemudi becak kayuh. Dia menambahkan, untuk pengadaan masker, face shield, dan sekat pembatas untuk becak kayuh paling banter menghabiskan biaya sekitar Rp25.000 - Rp30.000 per becaknya.

Baca juga: Penelitian: Paru-Paru Ditemukan Kelainan, OTG Corona Bukan Berarti Bebas Infeksi

Jiyono mengatakan jumlah pengemudi becak yang beroperasi saat ini masih sedikit, paling lebih dari 10 becak saja. "Banyak yang enggak berangkat, mungkin karena masih takut [Covid-19]," ujarnya.

Dikatakan Jiyono, kondisi penumpang saat ini pun masih sepi. "Kamu sarankan kepada teman-teman [tukang becak] permintaan dari Pemerintah kita dukung, untuk menunjang wisatawan itu bisa senang di Malioboro," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement