Advertisement

PPDB SMA/SMK: Banyak Pendaftar Cabut Berkas, Ini Penyebabnya

Lajeng Padmaratri
Senin, 29 Juni 2020 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
PPDB SMA/SMK: Banyak Pendaftar Cabut Berkas, Ini Penyebabnya Ilustrasi PPDB. - JIBI

Advertisement

Hariajogja.com, SLEMAN- Di Sleman, penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK yang dimulai Senin (29/6/2020) berlangsung lancar. Calon pendaftar diminta untuk cermat saat mendaftar. Pendaftaran dimulai Senin ini sampai Rabu (1/7/2020).

Waka Kesiswaan SMAN 1 Depok sekaligus Ketua Tim PPDB SMAN 1 Depok, Eko Yuliyanto menuturkan pada hari pertama pendaftaran PPDB di sekolahnya berlangsung lancar. Namun, ia mencatat banyak pendaftar yang mencabut berkas dan mendaftar ulang beberapa kali.

Advertisement

"Tadi pagi kita pantau lewat real-time online, sudah ada 137 pendaftar pada jalur zonasi, afirmasi 2 pendaftar, perpindahan tugas 2 pendaftar. Pagi tadi sebenarnya sudah tiga ribuan catatan pendaftaran, tapi karena daftar, cabut, daftar lagi, kan tidak efektif," ujarnya.

BACA JUGA: Corona Berefek Jangka Panjang, Meski Sembuh Paru-Paru dan Otak Berpotensi Rusak

Hal itu menurutnya seringkali dilakukan oleh calon peserta didik dengan nilai pas-pasan. Sebab ketika seorang calon peserta didik memiliki nilai tinggi, kata Eko, mereka cenderung menetap dan kecil kemungkinannya untuk memilih sekolah lain. "Pendaftaran stabil mungkin besok siang sampai hari terakhir," kata Eko.

Selain belum yakin dengan target sekolah pilihan, Eko juga mengatakan banyak calon pendaftar kurang cermat memperhatikan regulasi pendaftaran dan tahapannya. Ia menyoroti masih banyak orang yang cuek dan tidak update informasi hingga ketinggalan tahapan pendaftaran. "Pagi tadi masih ada yang tanya mekanisme pengajuan akun. Padahal kan sudah berakhir kemarin Kamis, sekarang sudah enggak bisa," ujarnya.

Eko meminta masyarakat dan calon pendaftar untuk mencermati tahapan dan regulasi yang ada, sehingga saat mendaftar itu sudah yakin dengan sekolah pilihan. "Jangan grusa-grusu. Ketidakcermatan akan merugikan diri sendiri," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement