3 Pemenang Lomba Desain Masker Boyong Total Jutaan Rupiah

Juara 1 Lomba Desain Masker. - Ist
01 Juli 2020 13:37 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Sebagai upaya terus mengampanyekan penggunaan masker sebagai cara melawan virus Corona, Harian Jogja bekerja sama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) dan BPJS Kesehatan menggelar Lomba Desain Masker bertajuk Dari Masker Kita Lawan Covid-19. Dari ajang ini terpilih tiga pemenang yang berhasil membawa pulang hadiah jutaan rupiah yang diumumkan secara langsung di seluruh media sosial Harian Jogja pada Senin (29/6/2020).

Sekretaris Lomba Desain Masker, Mediani Dyah Natalia menuturkan tak menyangka jika antusias publik untuk lomba ini cukup besar. Sejak proses pendaftaran hingga pengiriman materi desain pada 8 Juni-22 Juni 2020, panitia telah menerima 99 karya dari 54 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pada tahap selanjutnya, dewan juri yang terdiri dari tim kreatif Harian Jogja bersama BOB memilih 10 besar, lima besar dan akhirnya tiga pemenang terbaik.

Baca juga: Viral Pesepeda Mau Dikenai Pajak, Muncul Guyonan Warganet: Kentut Juga Dipajakin

“Desain yang dikirimkan peserta sangat variatif dan menarik. Berat bagi panitia untuk memilih 10 peserta terbaik hingga akhirnya terpilih menjadi tiga besar. Setelah berunding panjang, kami memutuskan juara berhasil diraih Eko Purwanto dari Kokap Kulonprogo; pemenang kedua Faadila Khoirunnisa dari Sleman dan pemenang ketiga Muhammad Awaluddin Yusuf - Jetisharjo-Jogja. Setiap pemenang berhak mendapatkan hadiah uang dengan nominal jutaan rupiah,” ujarnya.

Mediani menyampaikan seluruh desain yang dikirim peserta menjadi hak milik Harian Jogja dan sponsor. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Baca juga: Ingin Berkurban di Tengah Pandemi Covid-19? Pahami Panduannya!

Sebelumnya, Koordinator Lomba Desain Masker, Laila Rochmatin menyampaikan penilaian desain masker berkisar adanya kata-kata unik dengan tema ajakan melawan virus Covid-19 dan menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, desain masker harus mencantumkan logo BPJS Kesehatan dan BOB. Materi desain dikirim ke surel lomba@harianjogja.com dan unggah melalui akun Instagram masing-masing peserta. Lalu tandai akun @harianjogja, @boborobudur, dan @bpjskesehatan_ri dengan hastag #harianjogja #BOBLawanCovid19 #BPJSKesehatan #DariMaskerKitaLawanCovid19 pada materi desain.

"Poin utama dari lomba desain masker itu dinilai dari segi artistik, inovasi, dan utilitas. Jadi selain kreatif dan orisinil, masker juga harus mampu menyampaikan pesan-pesan terhadap pencegahan dini Covid - 19," ujarnya, Selasa (16/6/2020).