Gorong-gorong Bocor, Jalan Wahidin Sudirohusodo Bantul Ambles

Sejumlah pekerja memperbaiki Jalan Wahidin Sudirohusodo Bantul yang ambles, Kamis (2/7/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
02 Juli 2020 13:37 WIB Budi Cahyana Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan,  dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul,  menduga ada kebocoran pada gorong-gorong saluran irigasi di Jalan Wahidin Sudirohusodo yang menyebabkan jalan tersebut ambles. 

“Penyebabnya baru kami cari tahu, tetapi sepintas kemungkinan ada kebocoran pada gorong-gorong saluran irigasi,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Bantul,  Eko Budi Santoso, saat dihubungi melalui ponsel,  Kamis (2/7/2020).

BACA JUGA: Sultan Sebut Tak Ada Pilihan, Pariwisata DIY Harus Dibuka

Eko mengatakan Jalan Sudirohusodo di Trirenggo,  Bantul itu, diketahui ambles sehari sebelumnya. Jalan ambles tersebut sudah diberi tanda oleh warga sekitar agar tidak dilintasi kendaraan. DPUPKP Bantul kemudian menutup separuh jalan tersebut sehingga hanya berfungsi satu lajur untuk memudahkan proses perbaikan.

Jawatannya menargetkan perbaikan dengan menggunakan anggaran pemeliharaan jalan itu selesai dalam beberapa hari ke depan. Anggaran perbaikan diperkirakan tidak sampai Rp300 juta.

BACA JUGA: Pengunjung Diminta Waspada, Serangan Ubur-Ubur Diprediksi Terjadi hingga Agustus

DPUPKP Bantul sudah mengerahkan alat berat dan petugas swakelola untuk memperbaiki jalan rersebut.  "Target sehari selesai tetapi jalannya nanti belum bisa dilintasi karena menunggu stabil terebih dahulu," ucap Eko.

Perbaikan Jalan Sudirohusodo menjadi perioritas karena jalur tersebut merupakan jalur ramai kendaraan dan berada di pusat kota sehingga perlu segera mendapat penanganan.  Sementara proyek perbaikan jalan lainnya banyak yang ditunda akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Soal Uji Coba Pembukaan Destinasi, Pengelola Wisata Gunungkidul Dapat Sinyal Hijau

Jalan tersebut ambles cukup besar dengan diameter sekitar tiga  meter dengan kedalaman lebih kurang 2,5 meter.  Separuh jalan itu pun ditutup sementara sampai perbaikan selesai.  Titik ambles tepat berada di samping gorong-gorong saluran irigasi yang melintas di bawah Jalan Sudirohusodo. Tepatnya di barat Simpang Empat Ring Road Manding.

Kasi Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPUPKP Bantul  Benyamin menduga jalan tersebut ambles karena kebocoran gorong-gorong. Itu terlihat dari air yang mengalir dari gorong-gorong.  Menurut dia, kebocoran terletak pada sambungan bis gorong-gorong sehingga air merembes ke pinggir dan menggerus tanah, kemudian menyebabkan tanah labil dan ambles.

Ia menduga konstruksi saluran irigasi sudah lama sehingga bocor.  "Untuk perbaikan jalan,  kami harus menambal dulu gorong-gorongnya,  kemudian baru menguruk dengan tanah dan material,  lalu mengembalikan jalan seperti semula," kata Benyamin yang biasa disapa Bean.