Advertisement

BPPTKG Sebut Terjadi Guguran Gunung Merapi

Lugas Subarkah
Kamis, 16 Juli 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
BPPTKG Sebut Terjadi Guguran Gunung Merapi Gunung Merapi mengeluarkan awan panas dan lava pijar pada Senin (18/2/2019) pagi. Kondisi tersebut terpantau dari daerah Bimomartani, Ngemplak, Sleman. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan terjadi guguran di Gunung Merapi pada Rabu (15/7/2020) pukul 18.29 WIB.

Kendati demikian, Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, menjelaskan lokasi pasti terjadinya guguran tidak terlihat karena kendala cuaca. “Namun terdengar suara guguran dari Pos Babadan,” ujarnya.

Advertisement

Suara guguran tersebut kata dia, tidak tercatat secara pasti. Adapun aktivitas kegempaan sejak pukul 18.00 WIB terjadi satu kali gempa hybrid atau fase banyak dan dua kali gempa guguran. Pada hari itu, asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dengan ketinggian 20 meter di atas puncak kawah.

Adapun catatan gempa dalam sehari total terjadi dua kali gempa guguran, lima kali gempa hybrid atau fase banyak, tiga kali gempa vulkanik, empat kali gempa tektonik dan empat kali gempa hembusan. “Tingkat aktivitas level dua atau waspada,” katanya.

Sementara pada Kamis (16/7/2020) hingga pukul 12.00 WIB tercatat terjadi dua kali gempa hybrid atau fase banyak dan sekali gempa tektonik jauh. Secara visual, asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal setinggi 150 meter di atas puncak kawah.

Tingkat aktivitas masih sama yakni level dua atau waspada. Masyarakat diminta waspada akan potensi luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif. “Area dalam radius 3 Km dari puncak agar tidak ada aktivitas manusia,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement