Advertisement

Banyak Tenaga Kesehatan di DIY Terinfeksi Covid-19, tetapi Belum Ada Klaster Rumah Sakit

Lugas Subarkah
Minggu, 26 Juli 2020 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Banyak Tenaga Kesehatan di DIY Terinfeksi Covid-19, tetapi Belum Ada Klaster Rumah Sakit Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Meski banyak tenaga kesehatan di DIY terinfeksi Corona, klaster penularan Covid-19 di rumah sakit belum muncul di provinsi ini.

Juru Bicara Pemerintah Daerah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, mengatakan hingga saat ini belum ada rumah sakit yang ditetapkan sebagai klaster. Penetapan klaster Covid-19 harus berdasarkan beberap indikasi, salah satunya adalah penularan yang meluas. Namun, pengertian meluas hanya dalam jumlah, tetapi juga wilayah persebarannya.

Advertisement

“Misalnya si A positif. Dia tertular dari mana, apakah lingkungan rumah sakit, pasien, teman, keluarga dan sebagainya. Lalu apakah dia menularkan lagi di pelayanan kesehatan,” kata dia, Minggu (36/7/2020).

Screening pada tenaga kesehatan dalam beberapa minggu belakangan menjadi prioritas gugus tugas selain tracing kontak kasus positif. Bantul dan Gunungkidul menjadi wilayah dengan banyak tenaga kesehatan positif terinfeksi virus Corona.

Di Gunungkidul kata dia, ada rumah sakit yang berpotensi menjadi klaster, tetapi masih dalam proses tracing. “Rumah sakit belum ada yang sampai ditutup. Dilihat dulu bagaimana situasi dan kondisi rumah sakit, juga siapa dan dari mana tertular. Penutupan layanan kesehatan hanya untuk disinfeksi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement