Advertisement

Puluhan Orang Positif Terinfeksi Corona dari Koperasi di Ngaglik Sleman, Ini Awal Mulanya

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 01 Agustus 2020 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Puluhan Orang Positif Terinfeksi Corona dari Koperasi di Ngaglik Sleman, Ini Awal Mulanya Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Kasus positif Covid-19 di Sleman pada Sabtu (1/8/2020) bertambah 40 kasus baru. Sebanyak 17 kasus berkaitan dengan penelusuran kontak dari sebuah koperasi simpan pinjam di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Puluhan orang tertular Covid-19 dari koperasi tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, menuturkan 17 pasien Covid-19 tersebut terdiri dari karyawan koperasi dan keluarga karyawan.

Advertisement

Semula ada dua karyawan koperasi tersebut yang baru pulang dari luar kota dan diminta tes swab secara mandiri oleh pengurus. 

BACA JUGA: Mengkhawatirkan! Dalam Sehari di Sleman Ditemukan 40 Kasus Positif Covid-19

"Rupanya positif. Kemudian kami lakukan tracing terhadap karyawan lain dan keluarganya, ketemulah kasus-kasus baru tersebut," kata Joko ketika dihubungi Harian Jogja pada Sabtu (1/8/2020).

Menurut Joko, ada 30 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari tracing contact karyawan koperasi ini. Namun, yang tercatat sebagai warga Sleman berjumlah 21 orang, sementara 9 orang lainnya dikembalikan ke kabupaten asalnya. Dari 21 orang tersebut, 18 di adalah karyawan, dan tiga orang lainnya keluarga karyawan. 

Dia mengatakan penelusuran kontak di koperasi ini sudah dilakukan seluruhnya dengan swab test, namun belum semua hasil tesnya keluar. Saat ini, koperasi simpan pinjam tersebut ditutup operasionalnya oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sleman.

BACA JUGA: Bukit di Sleman Dikepras hingga Gundul untuk Perumahan, Pengembang: Kita Enggak Seperti Negara Komunis

"Yang diumumkan hari ini sementara isolasi mandiri sambil menunggu kesiapan Asrama Haji besok Minggu atau Senin," imbuhnya.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sleman, Shavitri Nurmala Dewi, menuturkan ada 73 orang yang dites dalam penelusuran penularan Covid-19 di koperasi ini. Sementara itu, sembilan kasus positif dari tracing kontak di koperasi ini dikembalikan ke Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

"Kami sudah melaporkan ke Pemda DIY. Provinsi yang akan melanjutkan ke Pati," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement