Hotel di Jogja Sudah Ramai Tamu

Ilustrasi hotel. - TripAdvisor
02 Agustus 2020 18:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Okupansi hotel yang ada di wilayah DIY mengalami kenaikan. Kenaikan berada di angka 30-40%.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan jika kenaikan okupansi hotel disokong bergeliatnya acara Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Mice) di wilayah DIY.

"Walaupun, pertemuan rapat tersebut terselenggara dengan skala kecil ya, dari kementerian juga sudah ada," ujar Singgih, Minggu (2/7/2020).

Lebih lanjut, setiap acara yang diselenggarakan baik itu di hotel, ballroom, maupun destinasi wisata lainnya diharapkan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19 yang ketat. Mengingat, kasus konfirmasi positif Covid-19 di DIY beberapa hari ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Standar protokol pencegahan penularan Covid-19 yang diaplikasikan sangat ketat," imbuhnya.

BACA JUGA: Walhi Bongkar Kriminalisasi Aktivis Lingkungan dan HAM Berkedok Tes Swab

Sementara itu, dari data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY sebelumnya menyatakan jika ada 100 hotel dan restoran yang sudah bersiap untuk menerapkan standar operasional prosedur (SOP) protokol pencegahan penularan Covid-19. Hotel dan restoran tersebut siap buka pada Juli mendatang. Beberapa juga sudah buka sejak beberapa bulan lalu.

“Sekarang banyak hotel mulai beroperasional karena kekuatan keuangannya hanya mampu bertahan sampai Juni 2020 ini,” ungkap Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono.