Advertisement

Corona di DIY Melonjak, Pemda Bersiap Buka Shelter

Lugas Subarkah
Selasa, 04 Agustus 2020 - 07:37 WIB
Bhekti Suryani
Corona di DIY Melonjak, Pemda Bersiap Buka Shelter Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Terkait banyaknya penambahan kasus positif Covid-19 pada Jumat (31/7/2020) dan Minggu (1/8/2020) lalu, Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan rumah sakit dan Dinas Kesehatan di Kabupaten Kota agar menyediakan shelter.

Shelter tersebut untuk karantina kasus positif yang tidak bergejala dimana penambahan kasus belakangan didominasi oleh kasus tanpa gejala ini. "Jadi tidak perlu di rumah sakit, yang penting isolasi di shelter agar tidak terjadi penularan serta diberi vitamin cukup," katanya, Senin (3/8/2020).

Advertisement

Ia mengungkapkan banyaknya nakes yang positif justru dari puskesmas bukannya rumah sakit rujukan Covid-19. Sebab itu, ia mengimbau puskesmas untuk benar-benar menjaga agar tidak terjadi penularan, bila perlu selalu memakai APD.

Terkait penularan yang terjadi di tempat kerja seperti karyawan koperasi di Sleman dan karyawan kesehatan di Bantul dan Gunungkidul, ia menuturkan sebenarnya sudah ada panduan untuk mencegah penularan di tempat kerja. "Itu harus dipatuhi, bagaimana menjaga jarak, daftar hadir, memberi layanan pada orang luar dan lainnya," katanya.

BACA JUGA: Pegawai Pemkot Jogja Kembali Terinfeksi Corona, Rekan Satu Ruangan Diisolasi

Panduan yang dimaksud adalah Peraturan Gubernur No. 48/2020 Tentang Pedoman Penyusunan Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan Publik Dan Perekonomian Masyarakat DIY dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Tapi ketika diketahui sudah ada karyawan yang positif, kesadaran karyawan harus ditegakkan. Jika merasa baru saja berkontak dengan karyawan yang terkonfirmasi positif, harus segera mengaku agar cepat ditracing," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement