Advertisement

Jembatan Penghubung Banyusoco – Dlingo Akan Dibangun untuk Dongkrak Ekonomi

David Kurniawan
Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:27 WIB
Sunartono
Jembatan Penghubung Banyusoco – Dlingo Akan Dibangun untuk Dongkrak Ekonomi Ilustrasi Jembatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, PLAYEN--Pemkab Gunungkidul mewacanakan membangun jembatan penghubung Gunungkidul-Bantul tepatnya yang menghubungkan Kalurahan Banyusoco, Playen dengan Kecamatan Dlingo. Akses ini diharapkan mengeliatkan sektor perekonomian di kawasan tersebut.

Kepala Sub Bidang Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum, Bidang Fisik dan Prasarana, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Nurudin Araniri mengatakan, akses Banyusoco-Dlingo masih sebatas perencanaan. Meski demikian, sudah ada upaya survey lokasi untuk memantapkan dalam pelaksanaan program.

Advertisement

BACA JUGA : Kunjungan ke Wisata Mangunan Bantul Mulai Menurun

“Beberapa waktu lalu sudah survey sebagai tindak lanjut pembangunan jalan penghubung Banyusoco-Dlingo,” kata Nurudin, Senin (3/8/2020).

Menurut dia, di kawasan ini memiliki lokasi yang strategis karena berdekatan dengan lokasi destinasi wisata Air Terjun Srigetuk. Meski demikian, kondisi jalan masih belum sempurna karena akses dari sisi barat masih harus memutar dikarenakan terhalang aliran Kali Oya. Untuk itu, kata Nurudin, ada wacana membangun akses penghubung antara Gunungkidul-Bantul di Kalurahan Banyusoco.

“Masih dimatangkan perencanaannya. Sedangkan untuk pembangunan, kami akan ajukan bantuan ke Pemerintah DIY,” ungkapnya.

Nurudin mengatakan, untuk pembangunan jalan penghubung ini ada dua lokasi alternatif. Pertama lokasinya berada di dekat Balai Kalurahan Banyusoco. Sedangkan lokasi kedua berada di sisi utara Kalurahan Banyusoco, tepatnya berjarak dua kilometer dari balai kalurahan.

“Masing-masing punya keunggulan, tapi untuk lokasi pastinya masih butuh kajian,” katanya.

BACA JUGA : Jelang New Normal, Bantul Buka Wisata Baru di Perbukitan

Ditambahkan dia, wacana pembangunan jalan penghubung merupakan salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pasalnya, selama ini akses kedua wilayah terputus karena terhalang aliran Kali Oya.

“Dengan adanya akses penghubung, maka akomodasi lebih mudah sehingga berdampak positif terhadap masyarakat sekitar,” katanya.

Lurah Banyusoco, Playen, Damanhuri mengatakan, pihaknya sudah mengetahui tentang wacana pembangunan jembatan penghubung Banyusoco-Dlingo. Bahkan, lanjut dia, saat survei lokasi sempat mengantarkan tim dari kabupaten untuk melihat calon lokasi jembatan yang akan dibangun.

“Saya mengantarkan sendiri,” katanya.

Damanhuri mengaku mendukung upaya pembanguann. Hanya saja, ia mengingatkan agar prosesnya dilakukan kajian dengan matang, khususnya menyangkut masalah kebencanaan. Pasalnya, setiap tahun di aliran Kali Oya sering terjadi banjir besar sehingga harus ada antisipasi agar jembatan tidak mudah rusak. “Mitigasi bencana sangat penting sehingga kajian harus matang agar jembatan tidak mudah rusak pada saat terjadi banjir tahunan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement