Advertisement

Program Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah Diluncurkan di Kawasan Peternakan Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 26 Agustus 2020 - 07:57 WIB
Sunartono
Program Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah Diluncurkan di Kawasan Peternakan Gunungkidul Ilustrasi uang. - Bisnis/ Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, SEMANU – Bank BPD DIY meluncurkan program kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (Pede) di kawasan peternakan milik PT Widodo Makmur Unggas (WMU) di Dusung Toggor, Kalurahan Pacarejo, Semanu, Gunungkidul Selasa (25/8/2020). Kredit ini menyasar ke perseorangan yang tergabung dalam kelompok usaha produktif.

Direktur Utama BPD DIY Santoso Rohmad menjelaskan Kredit Pede merupakan bentuk bantuan modal usaha yang ditujukan pada kelompok usaha produktif. Adapun plafon maksimal Rp 2,5 juta dalam jangka waktu maksimal setahun. Agunan pokok yang digunakan adalah usaha yang dibiayai suku bunga 3% efektif per tahun. “Ini kredit ultra mikro yang bisa dimanfaatkan masyarakat dalam upaya pengembangan usaha,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Advertisement

BACA JUGA : Bank BPD DIY Identifikasi Nasabah 

Menurut dia, di tahun awal peluncuran menargetkan sebanyak 5.000 nasabah. Adapun saasaran dalam layanan ini meliputi usaha di sektor pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, penyedia akomodasi, makanan dan minuman. “Jadi masyarakat bisa mengakses program ini untuk usaha,” ungkapnya.

Peluncuran kredit ini juga dilakukan bersama-sama dengan peresmian industri Peternakan Ayam Terpadu milik PT WMU. Pemilik PT WMU, Tumiyana mengatakan, peresmian bangunan ini merupakan bagian dari perluasan usaha yang dimiliki. Ia pun berharap dengan perluasan ini bisa mendukung dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di wilayah DIY.

“Kita bergerak dibidang penetasan dan pembesaran. Ditargetkan dengan unit usaha ini bisa menghasilkan 2 juta penetasan telur setiap bulannya,” katanya.

BACA JUGA : QRIS BPD DIY, Sarana Pembayaran Digitalnya Jogja

Ia pun optimis sektor usaha ini bisa memberikan dampak dalam upaya menggerakkan ekonomi di wilayah sekitar industri. “Dengan ini kami bisa menggandeng puluhan UMKM di Gunungkidul,” katanya.

Bupati Gunungkidul Badingah berharap program kredit Pede dari BPD DIY dan peresmian industri milik PT WMU bisa memberikan kontribusi nyata bagi warga sekitarnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. “Mudah-mudahan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk bisa lebih sejahtera,” katanya.

BACA JUGA : Bank BPD DIY Dukung Pembangunan di Bantul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement