Advertisement

Bapaslon Akan Jalani Tes Kesehatan di RSUP Sardjito

David Kurniawan
Minggu, 06 September 2020 - 16:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bapaslon Akan Jalani Tes Kesehatan di RSUP Sardjito Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – KPU Gunungkidul memastikan setelah proses pendaftaran, bakal pasangan calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Rencananya tes ini dilaksanakan mulai 9-10 September besok di RSUP Sardjito.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, jadwal tahapan dalam pencalonan sudah ditetapkan. Setelah proses pendaftaran, maka bapaslon diwajibkan mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Advertisement

Menurut dia, pemeriksanan kesehatan di pilkada tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan di 2015 lalu. Berdasarkan dalam aturan PKPU tentang Pencalonan, tes kesehatan hanya bisa dilakukan di rumah sakit bertipe A. Di wilayah DIY hanya ada dua, yakni RSUP Sardjito dan RS Grhasia. Adapun kesepakatan bersama dengan KPU DIY, maka tes kesehatan akan dilaksanakan di RSUP Sardjito.

“Kalau dulu [pilkada 2015] bisa dilakukan rumah sakit daerah di kabupaten, tapi sekarang tidak bisa karena pemeriksaan harus dilaksanakan di rumah sakit bertipe A dan di Gunungkidul tidak ada,” katanya, Minggu (6/9/2020).

Baca Juga: Disnakertrans DIY Akui Subsidi Gaji Tak Selesaikan Masalah, tapi Bisa Angkat Kesejahteraan

Untuk pemeriksaan kesehatan bagi bapaslon dari Gunungkidul dilaksanakan 9-10 September. Meski demikian, ada syarat yang harus dipenuhi bagi bapaslon yang akan mengikuti tes ini. Pasalnya, KPU menetapkan bila bapaslon harus bisa menyerahkan hasil swab Covid-19 negatif.

Hani menuturkan, apabila bapaslon belum melampirkan hasil tes swab, maka belum bisa diberikan berkas untuk pemeriksaan kesehatan. “Tes swab jadi syarat yang harus dipenuhi. Untuk saat ini, pasangan Immawa Wahyudi-Martanty Soenar Dewi belum menyerahkan karena hasilnya belum keluar. Nanti, setelah keluar dan hasilnya negatif, maka berkas akan kami serahkan untuk pemeriksaan,” katanya.

Baca Juga: Diterjang Ombak, Perahu Nelayan di Kulonprogo Terbalik

Bakal Calon Bupati Bambang Wisnu Handoyo mengatakan, ia bersama pasangannya Benyamin Sudarmadi sudah melakukan tes swab dan hasilnya negatif. Menurut dia, hasil tes tersebut juga sudah diserahkan ke KPU Gunungkidul sebagai salah satu syarat dalam pendaftaran.

Menurut dia, hasil tes swab ini akan dijadikan surat pengantar pada saat proses tes kesehatan di RSUP Sardjito pada 9-10 September mendatang. “Kami akan persiapkan fisik untuk cek. Salah satunya untuk lari menggunakan treadmill,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement