Advertisement

Stasiun Tugu Akan Ditata Kembali untuk Mengakomodasi UMKM

Lugas Subarkah
Sabtu, 12 September 2020 - 06:47 WIB
Sunartono
Stasiun Tugu Akan Ditata Kembali untuk Mengakomodasi UMKM Ilustrasi Stasiun Tugu Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--PT KAI Persero berencana menata kembali Stasiun Tugu dalam waktu dekat. Stasiun yang menjadi pintu masuk Jogja bagi wisatawan ini akan dikembangkan untuk dapat mengakomodasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Direktur Utama PT KAI Persero, Didiek Hartantyo, menuturkan penataan akan dilakukan dalam waktu dekat dan ditargetkan selesai pada akhir tahun mendatang. “Ini merupakan kelanjutan kerja sama penataan Stasiun Tugu,” ujarnya di Kantor Gubernur DIY, Kamis (10/9/2020).

Advertisement

BACA JUGA : Bakal Dibangun Museum Hingga Hotel Kapsul di Kawasan

Dalam penataan ini pihaknya akan bekerja sama dengan salah satu anak perusahaan PT KAI Persero, yakni PT KA Property Management. Penataan ini kata dia relatif kecil, dan saat ini masih dalam tahap desain awal sehingga perlu konsultasi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Kendati demikian ia memastikan penataan ini akan menyesuaikan dengan kebudayaan lokal dan tata kehidupan masyarakat Malioboro yang menurutnya berpihak pada UMKM. Sehingga dalam penataan ini akan disediakan area UMKM yang bertujuan menghidupkan UMKM di sekitar stasiun.

Dalam waktu dekat juga akata dia, PT KAI Persero akan mengoperasikan kereta listrik dari Jogja ke Klaten pada Oktober nanti. “Kemudian dilanjutkan [pengoperasian kereta listrik] sampai Solo di akhir tahun ini,” ungkapnya.

BACA JUGA : Desain Stasiun Tugu Tunggu Bakal Mengacu Rekomendasi

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan karena penataan Stasiun Tugu nanti relatif kecil dan masih berada di wilayah PT KAI Persero maka prosesnya lebih mudah. “Tidak perlu Amdal [Analisis Dampak Lingkungan] dan sebagainya,” katanya.

Proses penataan kata dia, akan ditangani oleh Pemerintah Kota Jogja. Terkait UMKM yang akan ditampung dalam penataan ini ia belum diketahui detail jumlahnya. “Kalau seberapa luas dan sebagainya [UMKM] baru akan dibicarakan,” ungkapnya.

Selain membahas penataan Stasiun Tugu, kunjungan ini juga menjadi perkenalan Didiek Hartantyo dengan Pemda DIY khususnya Sri Sultan HB X. Didiek Hartantyo menjabat Direktur Utama PT KAI Persero sejak 8 Mei lalu, menggantikan Edi Sukmoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement