Advertisement

Proyek Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Jogja Dikebut

Catur Dwi Janati
Kamis, 17 September 2020 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Proyek Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Jogja Dikebut Proyek pengerjaan penataan kawasan simpang Tugu dan penataan kawasan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman mulai dikerjakan-Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Setelah proyek Saluran Air Hujan (SAH) Jalan Kemasan Kotagede dan proyek pembangunan pedestrian KH. Ahmad Dahlan, kini giliran penataan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman segmen Gondolayu-Tugu yang dikebut. Pengerjaan ini menambah jumlah proyek fisik yang digulirkan yang sebelumnya nyaris tak berjalan karena adanya pandemi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Hari Setyawacana menerangkan bila proyek penataan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman pengerjaannya terintegrasi atau saling berkaitan dengan proyek penataan simpang Tugu. Kendali di garap oleh pihak ketiga yang berbeda, namun pengerjaan di proyek tersebut tetap sesuai perencanaan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Awas! Di Bantul Pasien Covid-19 Meninggal tanpa Penyakit Penyerta

Dijelaskan Hari pada Kamis (17/9/2020) jika dua pihak ketiga telah dipertemukan. Hari ingin pengerjaan kedua proyek itu agar bisa berjalan beriringan. "Ini supaya nanti pekerjaannya bisa dilakukan beriringan, kaitannya dengan penataan lalu lintas," terangnya. Atas koordinasi kedua pihak, maka pengerjaan proyek penataan pedestrian Jln. Jenderal Sudirman dan penataan kawasan simpang Tugu diawali dari sebelah utara. Sehingga rekayasa arus lalu lintas dapat dilakukan di satu titik yang sama.

Berbeda dari penataan kawasan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman tahap pertama yang lebih condong pada konsep perpaduan sumbu filosofis dan cagar budaya, pada segmen Gondolayu-Tugu ini cenderung akan menggunakan konsep sumbu filosofis.

Meski dari segi teknis pengerjaannya tidak jauh berbeda dengan penataan tahap pertama, namun pada segmen Gondolayu-Tugu memiliki desain bollard yang lebih banyak.

Sementara itu penataan simpang Tugu berfokus pada penataan kabel yang sebelumnya bergelantungan di atas dan merusak estetika akan dipindahkan ke dalam tanah. Adapun panjang radius penataan kabel masing-masing 100 meter dari simpang Tugu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AP I Mengaku Belum Terima Info soal Pengurangan Jumlah Bandara Internasional

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement