Advertisement

Pengundian Sempat Molor, Ini Nomor Urut Calon Bupati Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 24 September 2020 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Pengundian Sempat Molor, Ini Nomor Urut Calon Bupati Gunungkidul Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Proses pengundian nomor urut pasangan calon kepala daerah Gunungkidul sempat molor beberapa jam. Hal ini tidak lepas dari perubahan aturan yang disusun oleh KPU terkait dengan pengundian.

Sesuai dengan PKPU No.13/2020 tentang Perubahan Kedua PKPU No.6/2020 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-alam Covid-19. Di dalam pasal 55 dijelaskan, peserta yang hadir hanya meliputi oleh pasangan calon, tim penghubung, perwakilan bawaslu dan anggota KPU.

Advertisement

BACA JUGA: PILKADA SLEMAN: DWS-ACH Nomor Urut 1, Mulia 2, Kuda Maharsa 3

Aturan ini baru muncul pada Rabu (23/9/2020) malam, sedangkan KPU Gunungkidul sudah menyebarkan undangan berkaitan dengan acara pengundian. Akibatnya pada saat akan pengundian, masing-masing calon masih ditemani oleh pengurus partai pendukung.

Hal ini pun berdampak terhadap jalannya pengundian. Seharusnya pengundian dimulai pukul 09.00 WIB harus dan molor satu jam karena harus memenuhi ketentuan didalam PKPU berkaitan dengan pengundian. “Kami mohon maaf harus meminta undagan yang bukan berasal dari LO dan pasangan calon untuk pulang,” kata Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, Kamis (24/9/2020).

BACA JUGA: PILKADA BANTUL: AHM-JP Peroleh Nomor Urut 1, Noto Nomor 2

Menurut dia, dalam pengundian ada perubahan peserta karena disesuaikan dengan protokol kesehatan penanggulangan Corona, sehingga yang hadir hanya sebatas calon dan tim penghubung. “Memang mendadak sehingga kami tidak bisa mengubah undangan yang telah tersebar,” katanya.

Meski sempat ada masalah di awal-awal acara, Hani memastikan pengundian berjalan dengan lancar. Hasil pengundian, pasangan Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto mendapatkan nomor urut 1. Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi nomor urut 2. Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi nomor urut 3, dan Sunaryanto-Heri Susanto mendapatkan nomor urut 4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement