Advertisement

SMK Negeri di Jogja Didorong Menjadi BULD

Lugas Subarkah
Jum'at, 02 Oktober 2020 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
SMK Negeri di Jogja Didorong Menjadi BULD Yohanes, salah satu siswa kelas X SMAN 10 Jogja asal luar DIY sedang melihat lukisan dalam pameran lukisan yang digelar di sekolah tersebut, Senin (3/9/2018). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada siswa dan masyarakat, Pemda DIY mendorong Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri di DIY untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BULD).

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan selama ini SMK yang telah maju dan penghasilannya cukup baik telah dijadikan BLUD. “Pendapatan sekolah menjadi formal dan ada regulasinya. Pemanfaatannya bisa kembali ke sekolah,” ujarnya, Kamis (1/10/2020).

Advertisement

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Petugas TMP Kusumanegara Diberi Tali Asih

Ia melihat setiap SMK negeri di DIY sebenarnya memiliki kemampuan yang relatif sama. Perbedaan hanya pada kelengkapan sarpras dan program studi. Ia mencontohkan pada SMK yang memiliki bidang spesifik seperti kelautan, jurusan dan muridnya pun tidak sebanyak SMK pada umumnya.

Untuk SDM pengajar, menurutnya saat ini seluruh SMK negeri di DIY masih mencukupi. Jika ada yang berkurang, kekurangan bisa ditutup dengan oleh tenaga guru bantu. “Tenaga guru bantu bisa menggantikan PNS karena penambahan PNS memang terbatas,” katanya.

Dari total 49 SMK negeri di DIY, saat ini baru enam sekolah yang telah menjadi BLUD, diantaranya SMK N 6 Jogja, SMK N 3 Wonosari, SMK N 1 Sewon. Pada 2021, ditargetkan sebagian besar SMK negeri di DIY telah menjadi BLUD.

Baca juga: Densus 88 Geledah Rumah Dosen di Berbah Sleman, Sita Flashdisk & Buku-Buku

Sebelumnya, penggagas SMK negeri menjadi BLUD yang juga mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset DIY, Bambang Wisnu Handoyo, mengatakan BLUD harus punya target yaitu yang pertama SMK BLUD menjadi pilihan pertama bagi siswa atau masyarakat untuk menyekolah anaknya.

"SMK berstatus BLUD seharusnya menjadi penyangga kesiapan masalah lapangan kerja yang memadai, serta membuka peluang ketersediaan lapangan kerja yang lebih baik fleksibilitasnya, sebagaimana mengelola sebuah sekolah dengan kategori maju," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement