Advertisement

Mantap! Kabel Listrik Berseliweran di Sekitar Tugu Jogja Akan Dihilangkan

Catur Dwi Janati
Senin, 12 Oktober 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Mantap! Kabel Listrik Berseliweran di Sekitar Tugu Jogja Akan Dihilangkan Tugu Jogja. - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejak bulan lalu dua proyek di seputar Tugu Jogja mulai digarap. Satu proyek yakni lanjutan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman sementara proyek lainnya pemindahan kabel udara ke bawah tanah.

Kepala Dinas PUPKP Kota Jogja, Hari Setyowacono menegaskan proyek simpang Tugu dan Jalan Jenderal Sudirman dipatok pertengahan bulan selesai.
"Kaitannya dengan simpang Tugu harapannya simpang Tugu maupun Jalan jenderal Sudirman 15 Oktober sudah selesai pengerjaan yang di bawah," tegasnya Minggu (12/10/2020).

Advertisement

Diterangkan lebih lanjut oleh Hari, target tersebut diketok menyusul rencana akan diturunkan kabel PLN pada 21 Oktober nantinya. Ke depannya kawasan simpang Tugu akan dibuat bebas dari kabel udara.

BACA JUGA: 62 Karyawan Terinfeksi Corona, Perusahaan di Sleman Ini Tetap Dibuka

Secara garis besar kabel optik akan turun dari timur sejauh kurang lebih 140 meter di bawah tanah dan akan muncul di barat Tugu. "Kurang lebih munculnya di sana, ada tiang," jelasnya.

Selanjutnya kabel optik yang menyeberang ke utara kurang lebih panjangnya 120 meter, lalu akan muncul tiang lagi. "Jadi area di Tugu tidak ada kabel udara, sedangkan yang di utara sudah otomatis di bawah semua, kalau yang utara kan disuplai Timur tanpa menyeberang listiknya itu, kemarin sudah dikoordinasikan dengan tenang tenang PLN," tandasnya.

Penurunan kabel optik ke saluran ducting diperkirakan akan membuat pemadaman listrik sementara. "Pasti dari PLN ada informasi pemadaman, kemarin sudah saya tanyakan, paling pemadaman lokal, sebelum dilakukan pelaksanaan itu, dari PLN pasti akan menginformasikan kepada masyarakat, mekanisme di teknis PLN," tambahnya. .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement