Advertisement

Merapi Naik ke Level Siaga, Ini Imbauan Sri Sultan HB X

Lugas Subarkah & Sunartono
Kamis, 05 November 2020 - 19:17 WIB
Sunartono
Merapi Naik ke Level Siaga, Ini Imbauan Sri Sultan HB X Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengimbau kepada seluruh warga DIY baik yang berada di lereng Merapi maupun jauh dari Merapi untuk tidak panik dalam merespons peningkatan status kenaikan aktivitas gunung teraktif di dunia itu. Sultan juga meminta Pemkab Sleman menyiapkan upaya mitigasi.

Sultan HB X mengimbau masyarakat tidak perlu panik terutama warga yang jauh dari Merapi. HB X meyakini warga sekitar lereng Merapi justru sudah terbiasa menghadapi perkembangan gejala alam seperti ini. Pihaknya juga akan mengeluarkan edaran dalam merespons peningkatan status Merapi.

Advertisement

BACA JUGA : Merapi Siaga, 30 Dusun Ada di Daerah Bahaya, Ini Daftarnya

“Masyarakat tidak perlu panik karena kan sudah hafal masyarakat di Sleman khususnya di sekitar Merpai, saya kira mereka sudah paham, seperti itu. Hanya saya mohon yang jauh dari Merapi tidak usah panik dengan kenaikan. Saya juga akan mengeluarkan edaran dari pemberitahuan hari ini mungkin besok,” katanya Kamis (5/11/2020).

Sultan menambahkan warga Sleman khususnya di sisi timur, selatan dan barat Gunung Merapi agar lebih memperhatikan adanya peningkatan status Merapi.  “Saya yakin mereka sudah punya pengalaman banyak dengan Merapi,” katanya.

Selain itu menyampaikan harapannya agar Pemkab Sleman bisa mempersiapkan segala keperluan mitigasi termasuk jalur evakuasi. Ia juga berpesan agar masyarakat tidak perlu panik. “Saya minta kepada warga Kabupaten Sleman khususnya sebelah timur, selatan maupun barat Gunung Merapi untuk memperhatikan bahwa Merapi ini sudah ditingkatkan statusnya dari waspada ke siaga,” katanya.

BACA JUGA : Aktivitas Terus Meningkat, Status Merapi Naik Jadi Siaga

“Sehingga harapan saya Pemerintah Kabupaten Sleman juga mempersiapkan diri, untuk jalur evakuasi untuk persiapan siaga, saya kira sudah tahu bapak Bupati [Sleman] apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement