Advertisement

Status Naik ke Level Siaga, Ini Respons Warga Lereng Merapi

Abdul Hamied Razak
Kamis, 05 November 2020 - 20:47 WIB
Sunartono
Status Naik ke Level Siaga, Ini Respons Warga Lereng Merapi Seorang warga melintasi area persawahan di lereng Gunung Merapi, di Wukirsari, Cangkringan, Sabtu (31/10/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Aktivitas masyarakat sekitar lereng Merapi masih berjalan normal meski ada peningkatan status Merapi dari Waspada ke Siaga.

Ketua Kampung Siaga Bencana Kalurahan Umbulharjo, Cangkringan, Sleman Sriyono mengatakan kondisi masyarakat Umbulharjo aman dan tidak terusik dengan status Siaga Merapi. Menurutnya, kondisi masyarakat Umbulharjo masih berjalan normal.

Advertisement

"Warga Pelemsari kan sudah pindah ke Huntap. Di sana sudah kosong [tidak ada hunian]," katanya Kamis (5/11/2020).

BACA JUGA : Merapi Siaga, 30 Dusun Ada di Daerah Bahaya, Ini Daftarnya 

Dalam proses penanganan bencana, katanya sudah ada prosedur baik evakuasi warga kelompok rentan, ternak hingga wisatawan. Kelompok ini yang pertama kami evakuasi. "Jika status Merapi meningkat. Tetapi sampai saat ini Umbulharjo masih aman," kata Sri. 

Ketua Komunitas Siaga Merapi di Balai Kalurahan Glagaharjo, Rambat Wahyudi juga menyampaikan hal yang sama. Saat ini yang dilakukan adalah menyiapkan lokasi barak agar optimal digunakan oleh pengungsi. "Sampai malam hari ini belum ada warga yang diungsikan," katanya.

BACA JUGA : Aktivitas Terus Meningkat, Status Merapi Naik Jadi Siaga

Panewu Cangkringan, Sleman Suparmono mengaku sudah berkoordinasi dengan Unit Pelaksana kesiapsiagaan bencana Argomulyo terkait kesiapan penanganan pengungsian. Pihaknya juga meminta partisipasi aktif warga di sekitar barak pengungsian. "Yang akan diungsikan lebih dahulu adalah kelompok rentan. Kapan mengungsi? Semuanya sudah disiapkan dan kami menunggu komando dari Pemkab," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement