DP3AP2 DIY Bentuk Desa Prima di Wedomartani

Kegiatan inisiasi pembentukan Desa Prima Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY di Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Jumat (27/11). (Harian Jogja - Abdul Hamid Razak)
28 November 2020 06:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Inisiasi pembentukan Desa Prima Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY digelar di Kalurahan Wedomartani, Kepanewon Ngemplak, Sleman, Jumat (27/11).

Di kalurahan ini, para perempuan digerakkan untuk meningkatkan kapasitas diri melalui pengembangan kegiatan ekonomi produktif untuk kesejahteraan keluarga masyarakat maupun bangsa.

Penggerak Swadaya Masyarakat Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY Murti Maharini mengatakan program Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Prima). Program ini turut andil dalam upaya menekan angka kemiskinan. Pembentukan Desa Prima, lanjutnya, dilatarbelakangi tingginya tingkat kemiskinan di DIY.

"Berdasarkan sensus penduduk 2017, angka kemiskinan di DIY mencapai 11,70 persen. Angka itu lebih tinggi dari rata-rata nasional yakni 9,41 persen," kata Murti di hadapan 25 perempuan di Wedomartani.

Pelaksanaan program ini, menurut dia diawali dengan sosialisasi inisiasi pembentukam Desa Prima. Setelah itu, dilanjutkan pembentukan kelompok dan pelatihan. Kelompok akan mendapat Surat Keputusan dari Pemda DIY. Setelah kelompok terbentuk, akan dilakukan monitoring dan evaluasi hingga tahun ketiga.

"Desa Prima ini merupakan program untuk meningkatkan partisipasi perempuan melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan," katanya.

Program ini, lanjut Murti, bertujuan untuk mewujudkan perempuan Indonesia yang maju dan mandiri di bidang ekonomi melalui pengembangan kegiatan ekonomi produktif untuk kesejahteraan keluarga masyarakat maupun bangsa.

"Pesertanya merupakan kalangan perempuan yang dipilih oleh masing-masing kalurahan. Mereka berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin, memiliki usaha dalam skala embrionik atau usaha mikro," jelas Murti.

Dia mengatakan jika prorgam ini telah digulirkan sejak 2008 silam dan hingga 2019 tercatat sudah ada 102 desa di DIY yang dikukuhkan sebagai Desa Prima. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena pada tahun ini DP3AP2 DIY kembali menginisiasi pembentukan sejumlah Desa Prima, seperti di Wedomartani, Ngemplak.

Peserta akan menjalani pelatihan dan pembinaan dari DP3AP2 DIY. Dalam pelatihan tersebut, peserta mendapat materi tentang Desa Prima dan kiat meningkatkan perekonomian melalui kegiatan usaha.

"Ini salah satu upaya pemerintah DIY untuk mengentaskan masalah kemiskinan. Jika kemiskinan dibiarkan maka bisa menjadi lingkaran setan. Kemiskinan bisa menyebabkan kualitas kesehatan warga rendah, akses pendidikan menjadi sulit, termasuk akses permodalan," katanya.

Meningkatkan Produktivitas

Menurut Murti, dibentuknya Desa Prima bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan produktivitas kaum perempuan. Perempuan dipilih karena merupakan salah satu potensi dan aset pembangunan. Perempuan juga dianggap mampu dalam berbagai bidang yang bertujuan menggerakkan perekonomian keluarga.

"Dalam program ini kelompok perempuan Desa Prima akan mendapat stimulus yang diberikan Pemda DIY. Stimulus itu berasal dari Dana Keistimewaan senilai Rp37 juta," katanya.

Penjabat Lurah Wedomartani M Arief Rahman mengatakan terdapat empat pilar yang harus dipenuhi setiap kalurahan di DIY untuk menjadi Desa Mandiri Budaya.

Empat pilar itu adalah menjadi Desa Budaya yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan, Desa Wisata oleh Dinas Pariwisata, Desa Preneur oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY dan Desa Prima, yang diinisiasi DP3AP2. "Kehadiran Desa Prima ini sangat dibutuhkan untuk melengkapi syarat menjadi Desa Mandiri Budaya," kata Arief.

Sebelumnya, kata Arief, pada 2011 lalu Wedomartani sudah memiliki kelompok Desa Prima. Namun seiring waktu, pembentukan Desa Prima tahun ini digunakan untuk updating data kepengurusan sebelum mendapatkan SK dari Gubernur DIY.

"Dengan program ini kami berharap Wedkmartani menjadi salah satu desa Desa Mandiri Budaya. Keberadaan Desa Prima ini juga akan bermanfaat bagi pengembangan ekonomi kaum perempuan khususnya dari kelompok miskin dan rentan miskin," ujarnya. (ADV)