Badingah Apresiasi Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2020

Bupati Gunungkidul Badingah menggunakan hak pilihnya di TPS Purbosari, Kalurahan Wonosari, Wonosari, Rabu (9/12/2020). - Harian Jogja/David Kurniawan
17 Desember 2020 16:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI–Bupati Gunungkidul Badingah mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 yang terlaksana secara lancar, aman dan damai. Hasil perhitungan KPU menunjukan angka partisipasi mencapai 80,18% yang menjadi rekor selama penyelenggaraan pilkada secara langsung sejak 2005 lalu.

“Semua berjalan dengan baik dan keberhasilan ini juga tidak lepas dari partisipasi masyarakat,” kata Badingah, Kamis (17/12/2020).

Menurut dia, penyelenggaraan pilkada sudah berakhir. Masyarakat yang sebelumnya terbelah karena perbedaan pilihan harus kembali bersatu untuk kemajuan Gunungkidul yang lebih baik lagi. “Saya minta suasana kondusif ini terus dijaga sampai kapan pun,” ungkapnya.

BACA JUGA : Selisih Suara di Pilkada Gunungkidul Tipis

Badingah mengatakan, pilihan rakyat telah ditentukan karena hasilnya sudah diketahui bersama. Ia berharap kepada kepala daerah terpilih untuk bisa menjadi pemimpin yang amanah serta merangkul semua pihak, termasuk calon yang menjadi lawan pada saat kontestasi pilkada. “Harus mengayomi dan merangkul semuanya demi kemajuan Gunungkidul,” imbuhnya.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, partisipasi pemilih di pilkada tahun ini melampuai target. Pasalnya, pada saat persiapan hanya menargetkan partisipasi pemilih 80% namun pada saat pemilihan berlangsung, tingkat partisipasi melebih karena mencapai 80,18%.

Menurut dia, angka partisipasi ini juga menjadi rekor tertinggi selama penyelenggaraan pilkada secara langsung yang dipilih masyarakat sejak 2005 lalu. Ia mencontohkan, partisipasi di Pilkada 2015 hanya sekitar 70%, sedangkan penyelenggaraan periode sebelumnya masih jauh dari capaian saat ini. “Ini partisipasi tertinggi sepanjang penyelenggaraan pilkada secara langsung,” katanya.

BACA JUGA : Menang di 7 Kapanewon, Sutrisna-Ardi Klaim Menangi

Hani pun berterimakasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam kesuksesan penyelenggaran pilkada hingga partisipasi bisa melebihi target yang ditentukan. “Keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran media yang membantu mensosialisasikan pilkada,” katanya.

Ditambahkan dia, keberhasilan tidak hanya terlihat dari angka partisipasi pemilih. Namun pada saat penyelenggaraan juga mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. “Semua TPS telah menerapkannya dan masyarakat juga disiplin menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Hasil rekapitulasi KPU Gunungkidul, pasangan nomor empat Sunaryanta-Heri Susanto menjadi calon yang memperoleh suara terbanyak dalam pilkada 2020. “Kami masih menunggu apakah ada gugatan terhadap hasil dalam pilkada,” katanya.