Pastikan Terapkan prokes, Petugas Gabungan Turun Awasi Pilkades di Bantul

Ilustrasi. - Freepik
20 Desember 2020 15:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak 140 personel petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Polres dan Kodim Bantul dipastikan diturunkan ke 24 desa, pada 27 Desember untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksnaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

Selain memastikan ketertiban dan keamanan pelaksanaan pilkades, mereka juga akan melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan.

“Kami pastikan pelaksanaannya [pilkades] mengedepankan protokol kesehatan. Oleh karena itu, kami akan melakukan pemantauan dan memastikan penegakan protokol kesehatan dimaksimalkan,” kata Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta, Minggu (20/12/2020).

Yulius mengungkapkan, dengan penerapan protokol kesehatan tersebut, diharapkan penularan Covid-19 bisa ditekan. Selain itu, diharapkan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan mencegah timbulnya klaster usai pilkades serentak.

“Termasuk antisipasi terjadinya kerumunan. Oleh karena itu, pelaksanaannya akan benar-benar kami awasi. Jangan sampai protokol kesehatan dikendorkan atau malah tidak dijalankan,” lanjut Yulius.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Bantul, Hermawan Setiaji mengatakan, koordinasi pelaksanaan protokol kesehatan di Pilkades serentak telah dilakukan. Tidak hanya penyelenggara, calon kepala desa, tim sukses, dan masyarakat sebagai pemilih juga dilibatkan.

“Intinya setiap tahapan harus dilakukan dengan protokol kesehatan. Baik saat kampanye maupun saat pemungutan, semua harus terapkan protokol kesehatan,” kata Hermawan.