Pengguna Layanan Rapid Test Antigen di YIA Terus Melonjak

Antrean mengular di posko pengujian rapid test antigen di Yogyakarta International Airport (YIA), Kapanewon Temon, Kulonprogo, Selasa (22/12/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
22 Desember 2020 18:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Fasilitas pengujian rapid test antigen di Yogyakarta International Airport (YIA), Kapanewon Temon, Kulonprogo, jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kian ramai. Dalam sehari pengguna layanan ini bisa mencapai 200 hingga 300 orang.

PTS General Manager YIA, Taochid Purnama Hadi mengatakan sejak dibuka 18 Desember lalu, jumlah orang yang datang ke YIA untuk menggunakan fasilitas ini rata-rata berada di angka 200 hingga 300 orang per hari.

Sementara, pihaknya hanya menyediakan kuota sebanyak 300 alat per hari. Masyarakat umum diperbolehkan menggunakan layanan ini, tetapi tetap diprioritaskan untuk pengguna jasa penerbangan khususnya yang akan berangkat di hari yang sama saat pengujian.

"Kami prioritaskan penumpang pesawat yang hari ini berangkat. Kami tanyakan dulu ke antrean, siapa aja yang berangkat hari ini. Nah itu yang pertama dites. Selanjutnya [jika kuota masih tersedia] baru antrean kedua untuk penumpang yang berangkat di kemudian hari dan masyarakat umum," kata Taochid, kepada wartawan Selasa (22/12/2020).

Taochid berharap masyarakat bisa memahami kebijakan tersebut karena kehadiran layanan ini sejak awal memang diperuntukkan bagi pengguna jasa penerbangan di YIA.

Layanan pengujian rapid antigen ini ditempatkan di mezzanine YIA dan bisa diakses setiap hari pada pukul 06.00-18.00 WIB. Harga yang dipatok untuk setiap pengujian sebesar Rp170.000.