Advertisement

Proyek Berjalan, Siap-siap PKL Sudirman & Ahmad Dahlan Bakal Ditertibkan

Catur Dwi Janati
Kamis, 07 Januari 2021 - 11:47 WIB
Sunartono
Proyek Berjalan, Siap-siap PKL Sudirman & Ahmad Dahlan Bakal Ditertibkan Pekerja proyek melakukan pembangunan pedestrian kawasan Jln. KH. Ahmad Dahlan pada Senin (14/9/2020).-Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Dua proyek yang proses lelangnya ditarget selesai bulan pertama di 2021 adalah revitalisasi jalur pedestrian Sudirman dan Ahmad Dahlan, sehingga Februari bisa dikerjakan. Penertiban pedagang kaki lima (PKL) pun akan segera dilakukan.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti menjelaskan proyek pedestrian Jl. KH Ahmad Dahlan dan Jl. Jenderal Sudirman bakal membuat penataan PKL bakal dilakukan. Ia menuturkan jjka dalam setiap proses penataan, pihaknya selalu mengedepankan komunikasi dengan masyarakat terdampak termasuk PKL.

Advertisement

BACA JUGA : Penertiban PKL, Disperindag Kota Jogja Mengaku Tak Tahu

"Kami selalu berkomunikasi dengan para pedagang yang menggunakan trotoar untuk lapak dagangannya itu. Saya tidak mengusir mereka ya, tapi nanti akan ada solusinya dipindahkan kemana lah," katanya.

Ditambahkan Haryadi bahwa pihaknya bakal mencarikan solusi terbaik bagi para PKL.  "Konsep kami ini kan penataan, bukan penggusuran sing penting ono rembuge. Kita ajak komunikasi masyarakat. Ini kuthomu juga lho, masak mau kemproh terus seperti ini," ucapnya.

"Kapan kota kita jadi bagus, indah, bersih, nyaman, kalau masalah-masalah klasik selalu jadi kendala dalam proses penataan. Sekali lagi kita tidak bermaksud melakukan penggusuran, tapi penataan ya," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Hari Setyowocono menjelaskan, ada beberapa proyek menggunakan mekanisme lelang yang diharapkan selesai lelang bulan pertama, sehingga pekerjaan fisiknya mulai pada bulan ke dua yakni Februari. "Pekerjaan lain kita mulai bulan ke dua, ada bulan ke tiga. Kita berharap untuk murni bisa selesai akhir bulan tiga," jelasnya.

BACA JUGA : PENATAAN JOGJA : Penertiban PKL di Trotoar Utamakan 

Dua proyek yang bakal dilanjutkan adalah proyek pedestrian Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. KH. Ahmad Dahlan. Proyek bersumber dari Dana Keistimewaan itu segera dilimpahkan berkas lelangnya. "Ini kita persiapan dalam rangka persiapan lelangnya ke Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Pemerintah Kota Jogja, nanti mungkin Januari ini persiapan. Kalo dokumen lelangnya sudah siap segera kita limpahkan ke BLP untuk proses lelangnya," terangnya.

Proyek pesestrian Jl. Jenderal Sudirman dijelaskan Hari akan menyasat penggal dari ruas Gramedia ke arah Galeria Mall. "Itu konsepnya sama, iramanya sama dengan yang baru dan tengah itu. Paguanggarannya belum, nanti kita siapkan dulu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement