Budidaya Ikan Dikembangkan di Pesantren

Foto Ilustrasi. - Harian Jogja/Uli Febriarni
18 Januari 2021 09:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, KARANGMOJO – Dinas Kelautan dan Perikanan DIY menyerahkan bantuan senilai Rp60 juta ke Pondok Pesantren Alhikmah di Dusun Sumberejo, Karangmojo, Karangmojo, Jumat (15/1/2021). Bantuan diserahkan untuk mendukung pengembangan budidaya ikan di kalangan pesantren.

Kepala Seksi Pengembangan Usaha Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Non Prihatin Budiyarti mengatakan, bantuan senilai Rp60 juta yang diberikan merupakan program dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Perikanan dan Kelautan. Bantuan untuk mendukung embrio budidaya ikan yang sudah dikembangkan di pondok pesantren, khususnya di Ponpes Alhikmah.

BACA JUGA : Sempat Terseok-seok Akibat Pendemi, Perikanan Budidaya

“Semoga bantuan bisa ikut mengembangkan usaha budidaya ikan di lingkungan pondok,” katanya.

Menurut dia, budidaya ikan di lingkungan pesantren memiliki banyak manfaat. Selain untuk melatih kewirausahaan, hasil budidaya juga bisa dimanfaatkan mencukupi kebutuhan gizi para santri. “Diharapkan bantuan bisa meningkatkan usaha dalam pengembangan budidaya ikan,” katanya.

Pengurus Pondok Pesantren Alhikmah, Hanung Hisbullah Hamda mengatakan, usaha budidaya ikan yang dikembangan adalah ternak lele. Menurut dia, usaha tersebut sudah membuahkan hasil karena sudah memasuki masa panen. “Alhamdulillah hasilnya bagus,” katanya.

Program itu menjadi stimulan untuk pengembangan budidaya yang lebih besar lagi. “Sangat bermanfaat dan kami senang menerimanya,” katanya.

BACA JUGA : UGM Bantu Warga Selopamioro Budi Daya Sayur dan Ikan

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Krisna Berlian mengatakan, pihaknya mengapresiasi program budidaya ikan di lingkungan Ponpes Alhikmah. Menurut dia, usaha ini memiliki banyak manfaat, salah satunya mendukung program gemar makan ikan yang digalakan oleh pemerintah.

 “Jelas kami mendukung dan mudah-mudahan bantuan yang diberikan bisa memberikan manfaat, khususnya mengembangkan usaha budidaya,” katanya.