Advertisement

Pemda DIY Pastikan Sekolah Tatap Muka Belum Bisa Dilakukan Februari

Lugas Subarkah
Minggu, 24 Januari 2021 - 15:27 WIB
Sunartono
Pemda DIY Pastikan Sekolah Tatap Muka Belum Bisa Dilakukan Februari Foto Ilustrasi sejumlah siswa mengikuti pembelajaran di sekolah. - ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Melihat perkembangan kondisi covid-19 di DIY saat ini serta masih akan diperpanjangnya Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM), Pemda DIY memastikan pembelajaran tatap muka belum bisa dimulai pada Februari mendatang.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan sesuai Surat Edaran Gubernur DIY No. 12/SE/XII/2020 tentang Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di DIY, pembelajaran tatap muka baru akan dimulai jika kondisi covid-19 di DIY membaik.

Advertisement

BACA JUGA : Januari 2021 Belum Ada Sekolah Tatap Muka di Sleman

Ia menegaskan dalam SE tersebut disebutkan Februari bisa dimulai pembelajaran tatap muka sebagai waktu paling cepat, dengan catatan kondisi sudah kondusif. “Kemarin di surat edaran kami menyebutkan kalau paling cepat Februari, kalau semua baik-baik saja,” ujarnya, Minggu (24/1/2021).

Menindaklanjuti hal ini, pihaknya meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY untuk membuat surat edaran kepada sekolah agar menunda pembelajaran tatap muka. “Agar asmpaikan surat edaran ke sekolah bahwa pembelajaran tatap muka ditunda. Kita tunggu situasinya membaik,” kata dia.

BACA JUGA : 10 Sekolah di Jogja Jadi Contoh Pembelajaran Tatap Muka 

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya, menjelaskan pembelajaran tatap muka belum bisa dimulai selama situasi covid-19 belum kondusif. “Sekolah tatap muka paling cepat Februari, tapi karena ada kebijakan PSTKM tentunya kami menyesuaikan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan sebelum adanya PSTKM, pihaknya sudah menunjuk 10 sekolah yakni SMA dan SMK dari lima kabupaten-kota untuk menjadi sekolah percontohan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

“Bila hasil uji coba memuaskan, seluruh sekolah tersebut diharapkan menjadi percontohan bagi sekolah sederajat lainnya. Beberapa sekolah ada yang sudah presentasi, jika berdasarkan hasil penilaian dianggap belum siap langsung digantikan sekolah lainnya,” katanya.

BACA JUGA : Mulai Februari, Sleman Gelar Sekolah Tatap Muka

Namun karena pemerintah pusat menginstruksikan PSTKM pada pertengahan Januari dan diperpanjang hingga Februari mendatang, uji coba sekolah eprcontohan ini pun belum bisa dilakukan. Selama PSTKM, semua sekolah tetap belajar jarak jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Enam Jalan Tol Baru Digratiskan Saat Lebaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement