Advertisement

DIY Resmi Perpanjang PTKM, Jam Operasional Usaha Lebih Longgar

Lugas Subarkah
Senin, 25 Januari 2021 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
DIY Resmi Perpanjang PTKM, Jam Operasional Usaha Lebih Longgar Pedagang di kawasan Alun-alun Kidul (Alkid) sedang menutup tempat usahanya pada Kamis (14/1/2021) sekitar pukul 19.30 WIB. - Harian Jogja/Sirojul Khafid\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY akan memperpanjang Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) surat terbitnya surat dari Kementerian Dalam Negeri tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai dengan 8 Februari. 

Secara umum, perpanjangan PTKM hampir sama dengan PTKM sebelumnya, yang berbeda hanya pada jam operasional tempat usaha diperpanjang satu jam, sampai pukul 20.00 WIB.

Advertisement

“Ada beberapa perubahan misal yang semual jam 19.00 WIB jadi jam 20.00 WIB. Ada waktu lebih panjang untuk pelaku ekonomi berusaha di malam hari. Jam buka instruksinya mengatakan begitu, dari pusat. Tidak dikemukakan alasannya,” kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Senin (25/1/2021).

Menurut dia, penularan Covid-19 di DIY tidak hanya terjadi di tempat umum tapi juga di lingkungan keluarga dan tetangga.

“Kalau PTKM hanya mengandalkan [pembatasan] kerumunan tempat umum, keluarga kan tidak masuk operasi [penegakan] di situ. Maka perlu kesadaran, dengan saudara dan serumah pun harus teliti. Kalau ada tanda-tanda harus segera tes. Hubungi puskesmas setempat,” katanya.

Dia meminta pemerintah kabupaten, kota, dan puskesmas untuk sosialisasi pengetatan pengawasan isolasi mandiri di tingkat dukuh, RT dan RW.

Selain itu ia juga telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk mengaktifkan kembali posko covid-19 di tingkat desa. “Kami akan buat SE khusus ke kabupaten-kota. Posko bisa untuk skrining orang yang datang dari luar sekaligus lembaga yang mengingatkan masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement