Advertisement

PDAM Kulonprogo Tunda Kenaikan Tarif

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 09 Februari 2021 - 11:47 WIB
Sunartono
PDAM Kulonprogo Tunda Kenaikan Tarif Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulonprogo urung menaikkan tarif penggunaan air bersih sebesar Rp200 per meter kubik pada 2021. Perseroan itu menunda kenaikkan karena tak ingin memberatkan pelanggan yang saat ini masih dihadapkan dalam situasi pandemi Covid-19.

"Jadi sudah ada sosialisasi dengan perwakilan pelanggan di 2019, bahwa pada 2020 ada penyesuaian tarif, kemudian di 2021 juga ada penyesuaian tarif, tapi karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga untuk penyesuaian tarif kami tunda, sambil nanti menunggu kondisi berangsur kondusif," kata Dirut PDAM Tirta Binangun Kulonprogo, Jumantoro, Selasa (9/2/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Lulusan SMK Diberi Kesempatan Kerja di PDAM Kulonprogo 

"Saya harap pelanggan bisa ikut menikmati karena seharusnya ada penyesuaian tapi tidak kami lakukan di 2021 walaupun besarnya kenaikannya waktu itu hanya Rp200 per meter kubik," imbuhnya.

Penundaan penyesuaian tarif itu kata Jumantoro telah disetujui dewan pengawas dan bupati. Menurutnya langkah ini mendapat pemakluman dan diapresiasi kepala daerah. "Belau [Bupati] sangat mengapresiasi dan memaklumi kondisi ini," ucapnya.

Selain menunda penyesuaian tarif, pada tahun ini PDAM juga meluncurkan program sambungan rumah murah. Program ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang ingin mendapat sambungan air bersih.

BACA JUGA : PDAM Kulonprogo Akan Bangun Sumur Bor di YIA 

"Pada bulan-bulan tertentu nanti akan kami luncurkan program sambungan rumah murah yang tujuannya biar masyarakat bisa terjangkau biaya pemasangan dan bisa menikmati air bersih, dalam program ini nanti ada potongan 50 persen dari tarif reguler," jelas Jumantoro.

Melalui program sambungan rumah murah, PDAM optimistis jumlah pelanggan akan meningkat. Tercatat hingga Desember 2020 sudah ada 34.437 pelanggan, atau naik dari beberapa tahun sebelumnya yang berkisar 11.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement