Soal Mutan Virus Corona, Sultan HB X Andalkan Ini

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X,s aat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
03 Maret 2021 20:37 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X berharap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro efektif menghadapi varian baru SARS-CoV-2 dari Inggris B 117.

"Saya tidak tahu persisnya [varian baru corona] seperti apa, terus pola penularannya seperti apa. Semoga tidak mudah menular biar pun ada," kata dia di Kompleks Kepatihan di Yogyakarta, Rabu (3/3/2021).

Meski demikian, Sultan optimistis dengan memberlakukan PPKM mikro efektif menurunkan kasus COVID-19 di DIY.

"Dalam arti kalau dengan PPKM ini publik kita sekat di RT/RW ternyata turunnya juga besar, se-Jawa-Bali turunnya juga besar," kata dia.

Oleh sebab itu, ia berharap hingga dua pekan ke depan PPKM mikro di DIY dapat dilanjutkan hingga tuntas sehingga tidak kembali terjadi lonjakan kasus COVID-19 di wilayahnya.

BACA JUGA: Kawasan Tugu Jogja Diguyur Hujan Es Sebesar Kelereng

"Jangan sampai nanti punya ruang untuk timbul lagi," kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

Ditemukan varian baru corona penyebab COVID-19, B 117 asal Inggris di Indonesia pada pemeriksaan dua sampel virus, tepat setahun peringatan COVID-19 pada Senin (1/3/2021) malam.

Inggris mengumumkan penemuan strain baru SARS-CoV-2 hasil mutasi dengan nama B 117 pada akhir 2020. Varian B 117 lebih mudah menular dibandingkan dengan varian lainnya.

Sumber : Antara