Advertisement

Pandemi Belum Berlalu, Tukang Becak & Kusir Andong di Malioboro Kian Menderita

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 04 Maret 2021 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
Pandemi Belum Berlalu, Tukang Becak & Kusir Andong di Malioboro Kian Menderita Tukang becak di kawasan Malioboro, Kamis (4/3/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penarik becak dan andong di kawasan wisata Malioboro semakin terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Ketua Paguyuban Becak Motor Yogyakarta (PBMY) Parmin mengatakan pendapatan selama pandemi menurun signifikan karena rata-rata tukang becak bergantung pada pariwisata.

Advertisement

BACA JUGA: Rel Bandara YIA Hampir Rampung, Diklaim Bebas Ancaman Banjir karena Melayang

“99% tukang becak mengandalkan pariwisata, jadi ya sangat terdampak saat ini. Jumlah anggota kalau yang terdata di Dinas Perhubungan DIY ada 1.700an, khusus Malioboro ada 300an,” ujar Parmin, Kamis (4/3/2021).

Parmin mengungkapkan rata-rata penghasilan per hari tukang becak di kawasan Malioboro sebelumj pandemi Rp70.000 per hari. Namun, saat ini untuk mengantongi Rp10.000 saja sudah sulit. Untuk menutup kebutuhan sehari-hari, Parmin menceritakan beberapa tukang becak meminta bantuan dari orang-orang yang melintas di jalan.

“Ada yang ngamen, ada meminta bantuan, ada yang nyambi buruh, karena benar-benar tidak ada pemasukan, dan harus bayar utang dan lain-lainnya,” ucapnya.

Selain mengandalkan bantuan, anggota PBMY juga mencoba memaksimalkan koperasi anggota yang ada.

BACA JUGA: Tren Kasus Positif Covid-19 di Bantul Mulai Menurun

“Di sub-sub PBMY ini ada semacam koperasi, jadi yang misal tidak ada uang ya pinjam dulu, nanti kalau sudah ada dikembalikan. Saling bantu juga, tetapi ya seadanya. Dari kami harapannya ya ada kemudahan untuk akses wisatawan datang itu, karena kami bergantung pada itu,” ujarnya.

Ketua Paguyuban Kusir Andong DIY Purwanto mengatakan kondisi saat ini sangat berat bagi kusir andong. Pendapatan yang dulu rata-rata Rp150.000 sehari saat ini sangat sulit didapatkan.

“Kalau sekarang minus malahan pendapatan. Ada beberapa anggota juga beralih pekerjaan kalau ada keterampilan lain. Dulu sebelum pandemi 474 anggota, setelah pandemi di Oktober 2020 hanya 385 anggota. Sekarang belum cek lagi yang aktif berapa. Saat ini juga sulit untuk berharap bagaimana,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Tegaskan Serangan Darat Israel ke Rafah Tak Dapat Ditoleransi

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement