Advertisement

Perbaikan Dermaga Sadeng Telan Biaya Rp1,5 Miliar

David Kurniawan
Senin, 08 Maret 2021 - 07:47 WIB
Sunartono
Perbaikan Dermaga Sadeng Telan Biaya Rp1,5 Miliar Aktivitas bongkar muat di kawasan Pelabuhan Sadeng, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dermaga di Pelabuhan Sadeng, Kapanewon Girisubi akan diperbaiki di tahun ini. Total biaya yang dibutuhkan mencapai Rp1,5 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus.

Advertisement

Kepala Pelabuhan Pendaratan Perikanan (P3) Sadeng, Wargiatno mengatakan, untuk tahun ini mendapatkan anggaran DAK sebesar Rp1,7 miliar. Rencananya dana itu digunakan untuk perbaikan dermaga sebesar Rp1,2 miliar. Sedangkan sisanya sebesar Rp200 juta digunakan pengadaan bak penampungan air bagi warga serta kapal nelayan.

BACA JUGA : Pelabuhan Sadeng Gunungkidul Menyimpan Bara Konflik

“Jadi ada dua paket,” katanya saat dihubungi Harianjogja.com, Minggu (7/3/2021).

Wargiatno menjelaskan, perbaikan dermaga dilakukan karena beberapa tiang sudah mulai rusak karena korosi air laut. Selain itu, program ini juga sebagai lanjutan penambahan breakwater di 2019 lalu.

 “Sebenarnya program perbaikan masuk di kegiatan 2020. Tapi, dikarenakan adanya pemangkasan anggaran untuk corona baru terlaksana di tahun ini,” ungkapnya.

Menurut dia, pelaksanaan tidak hanya memperbaiki tiang yang rusak, namun juga melakukan penambahan. Pada saat ini, sambung Wargiatno, tiang yang terpasang berjarak sepuluh meter. Rencananya akan ditambah sehingga jaraknya antar tiang hanya lima meter sehingga posisi dermaga bisa lebih kuat.

“Kami juga akan memasang plat di bagian atas. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” katanya.

BACA JUGA : Terjerat Utang, Nelayan Sadeng Sulit Lepas dari Tengkulak 

Ditambahkannya, selain perbaikan juga ada rencana pengerukan. Hanya saja, wacana ini baru akan diusulkan di tahun depan. “Beberapa tahun lalu memang ada pengerukan. Memang sudah mulai ada pendangkalan lagi, tapi belum parah sehingga rencana baru kami usulkan di tahun depan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement