Perbaikan Dermaga Sadeng Telan Biaya Rp1,5 Miliar

Aktivitas bongkar muat di kawasan Pelabuhan Sadeng, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. - Harian Jogja/David Kurniawan
08 Maret 2021 07:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dermaga di Pelabuhan Sadeng, Kapanewon Girisubi akan diperbaiki di tahun ini. Total biaya yang dibutuhkan mencapai Rp1,5 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus.

Kepala Pelabuhan Pendaratan Perikanan (P3) Sadeng, Wargiatno mengatakan, untuk tahun ini mendapatkan anggaran DAK sebesar Rp1,7 miliar. Rencananya dana itu digunakan untuk perbaikan dermaga sebesar Rp1,2 miliar. Sedangkan sisanya sebesar Rp200 juta digunakan pengadaan bak penampungan air bagi warga serta kapal nelayan.

BACA JUGA : Pelabuhan Sadeng Gunungkidul Menyimpan Bara Konflik

“Jadi ada dua paket,” katanya saat dihubungi Harianjogja.com, Minggu (7/3/2021).

Wargiatno menjelaskan, perbaikan dermaga dilakukan karena beberapa tiang sudah mulai rusak karena korosi air laut. Selain itu, program ini juga sebagai lanjutan penambahan breakwater di 2019 lalu.

 “Sebenarnya program perbaikan masuk di kegiatan 2020. Tapi, dikarenakan adanya pemangkasan anggaran untuk corona baru terlaksana di tahun ini,” ungkapnya.

Menurut dia, pelaksanaan tidak hanya memperbaiki tiang yang rusak, namun juga melakukan penambahan. Pada saat ini, sambung Wargiatno, tiang yang terpasang berjarak sepuluh meter. Rencananya akan ditambah sehingga jaraknya antar tiang hanya lima meter sehingga posisi dermaga bisa lebih kuat.

“Kami juga akan memasang plat di bagian atas. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” katanya.

BACA JUGA : Terjerat Utang, Nelayan Sadeng Sulit Lepas dari Tengkulak 

Ditambahkannya, selain perbaikan juga ada rencana pengerukan. Hanya saja, wacana ini baru akan diusulkan di tahun depan. “Beberapa tahun lalu memang ada pengerukan. Memang sudah mulai ada pendangkalan lagi, tapi belum parah sehingga rencana baru kami usulkan di tahun depan,” katanya.