Advertisement

Unik, Pilihan Ketua RT 01 Kledokan Digelar Layaknya Pemilu

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 13 Maret 2021 - 12:17 WIB
Nina Atmasari
Unik, Pilihan Ketua RT 01 Kledokan Digelar Layaknya Pemilu Pemilihan Ketua RT 01 Dusun Kledokan, Caturtunggal, Kapanewon Depok, digelar secara demokratis layaknya Pemilu, Sabtu (13/3/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemilihan Ketua RT 01 Dusun Kledokan, Caturtunggal, Kapanewon Depok, digelar secara demokratis layaknya Pemilu, Sabtu (13/3/2021). Pemilihan Ketua RT (Pilkaret) tersebut digelar sesuai protokol kesehatan.

Sekretaris RT 01 Kledokan, Tus Suyanto mengatakan Pilkaret digelar secara demokratis di mana seluruh pemilih di RT baik laki-laki maupun perempuan memiliki hak yang sama untuk memilih ketua RT nya. Dalam Pilkaret ini, warga memilih pengurus inti mulai ketua, sekretaris hingga bendahara. Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 222 warga.

Advertisement

"Biasanya kan pemilihan ketua RT dilakukan oleh bapak-bapak, tapi di sini semua warga baik laki-laki maupun perempuan bisa memilih dan dipilih. Ini bagian pembelajaran politik masyarakat sejak dari lingkup terkecil," kata Yanto di sela-sela kegiatan pemilihan.

Baca juga: DIY Sasar 334.750 Pelayan Publik untuk Divaksin Covid-19

Pelaksanaan Pilkaret tersebut, lanjut Yanto, digelar dengan tetap memenuhi protokol kesehatan. Mekanismenya, jelas dia, panitia menyebarkan kertas pemilihan ke rumah-rumah warga dua tiga hari sebelum penghitungan suara. Warga diberi kesempatan untuk menentukan pilihan siapa yang layak menjadi Ketua RT, Sekretaris dan Bendaharanya.

Setelah itu, lanjutnya, panitia kembali ke rumah warga untuk mengambil kertas suara kemudian dimasukkan ke dalam kaleng sesuai masing-masing jabatan. Setelah semua terkumpul, hasilnya dihitung secara livestreeming sehingga warga bisa menyaksikan proses perhitungan suara secara online.

Adapun penghitungan manual digelar di Kafe Layar Tancap, Kledokan yang dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pengurus padukuhan. "Hari ini, proses penghitungan dilakukan. Kami juga menyediakan ratusan doorprize bagi warga. Doorprize dihimpun dari warga untuk warga pula. Ini semua dilakukan oleh para pemuda, mereka juga akan mengirim doorprize ke rumah warga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement