Advertisement

Pakar: Jaga Kondisi Tubuh Sebelum Divaksin

Lugas Subarkah
Minggu, 14 Maret 2021 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pakar: Jaga Kondisi Tubuh Sebelum Divaksin Ilustrasi Vaksin COVID-19. - FOTO ANTARA /Irwansyah Putra

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Vaksin Covid-19 telah diberikan secara bertahap ke masyarakat sejak Januari lalu. Saat ini pemberian vaksin Covid-19 telah memasuki tahap dua untuk pelayan publik dan lansia. pakar kesehatan UGM berbagi tips untuk masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi.

Pakar Virologi dan Imunologi dari UGM, Mohamad Saifudin Hakim, mengatakan tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan menjelang vaksinasi Covid-19. "Sebenarnya tidak ada persiapan spesifik yang mesti dilakukan dari sisi medis, misalnya harus konsumsi makanan, minuman, atau obat tertentu," ujarnya, Jumat (12/3/2021).

Advertisement

Meski demikian, sebelum pemberian vaksin penerima diharapkan memperhatikan sejumlah hal supaya memperoleh hasil optimal. Salah satunya dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hal itu dapat diperoleh antara lain dengan konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Baca juga: Masuk Kategori Lansia, Sri Sultan Divaksin di RSUP dr. Sardjito

“Selanjutnya, istrahat yang cukup. Hindari melakukan kegiatan berat yang mengakibatkan kelelahan sehingga saat menerima vaksin kondisi tubuh dalam keadaan prima,” katanya.

Terkait nyeri setelah vaksinasi, menurutnya tidak disarankan mengonsumsi obat untuk meredam rasa nyeri tersebut karena injeksi vaksin hanya menimbulkan nyeri yang ringan. Obat pereda nyeri hanya diberikan atas indikasi dokter pada kondisi tertentu.

Demikian pula dengan obat anti alergi tidak disarankan untuk dikonsumsi menjelang vaksinasi. Hakim menerangkan bahwa sebelum divaksin petugas kesehatan akan melakukan skrining riwayat kesehatan termasuk alergi. Apabila ada riwayat alergi berat terhadap komponen vaksin, maka tidak akan diberikan vaksin Covid-19.

"Jangan lupa untuk tetap patuh menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, memghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement