Advertisement

Kangen Jogja Virtual Tunjukkan Potensi Budaya Kemantren

Newswire
Sabtu, 03 April 2021 - 07:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kangen Jogja Virtual Tunjukkan Potensi Budaya Kemantren Seniman Gondokusuman sedang menari di Jalan Soeroto. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Kangen Jogja Virtual 2021 edisi 2 menampilkan seniman dan potensi wisata di Kemantren Gondokusuman. Ada penampilan seniman dalam Tari Ambrastho Corona di Jalan Soeroto. Mereka menari di taman yang berada di tengah dua ruas jalan. Selain itu, adapula seniman yang menampilkan Tari Anoman Obong di Embung Langensari.

Tidak hanya kaya akan seniman, wilayah Gondokusuman, khususnya Kalurahan Kotabaru memiliki sejarah yang cukup panjang. Sekitar tahun 1942, Jepang yang telah menduduki Jogja mulai merangsak ke daerah Kotabaru. Militer Jepang kemudian membuat kawasan ini sebagai pusat perkantoran, perumahan, gudang militer, dan sebagainya. Beberapa bangunan bersejarah itu masih ada sampai sekarang.

Advertisement

Dalam merekonstruksi pendudukan Jepang di Kotabaru, seniman teater Gondokusuman menampilkan cerita perjuangan. Kala itu rakyat Jogja, termasuk Abu Bakar Ali, mempersiapkan penyerangan terhadap Jepang. Sebenarnya Jepang mencoba berunding, tapi keadaan panas kala itu sudah tidak terbendung. Pecahlah sebuah pertempuran.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Jogja Wahyu Hendratmoko, Kengen Jogja Virtual merupakan atraksi wisata yang menampilkan seniman serta potensi wisata kemantren-kemantren yang ada di Jogja, termasuk Kemantren Gondokusuman.

“Adanya tayangan Kangen Jogja kiranya dapat menunjukan kegiatan seni budaya dan pariwisata Jogja tetap eksis serta seniman kota Jogaj bisa tetap mengekspresikan karyanya,” kata Wahyu dalam tayangan Kangen Jogja Virtual pada Kamis (1/4/2021).

Selain potensi seniman dan sejarah, adapula potensi wisata kuliner di Gondokusuman, salah satunya The House of Raminten. Menurut Manager The House of Raminten, Lisa, ada seratus menu yang tersedia di tempat dengan nuansa Jawa itu.

“Menu-menunya mungkin seperti di tempat lain, tapi presentasinya unik. Semua namanya juga unik,” kata Lisa.

Potensi kuliner lain juga berupa produk Usaha Kecil Menengah. Salah satu produk dari Gondokusuman yang telah terkenal yaitu Bir Pletok. Secara umum, bir tanpa alkohol ini berasal dari rempah-rempah.

Penampilan Angklung Demangan Jogja menutup serangkaian Kangen Jogja Virtual edisi 2. Mereka tampil di Jalan Jendral Sudirman.

Pada Kangen Jogja Virtual edisi 1, Dispar Kota Jogja menampilkan seniman dan potensi wisata dari Kemantren Gedongtengen. Total ada tujuh edisi pertunjukan daring dari Dispar Jogja yang akan memanjakan para pemirsa. Di samping wadah para seniman, tayangan ini juga sebagai tontonan alternatif wisatawan yang hendak berkunjung ke Jogja.

Selama pandemi, segala kegiatan wisata menyesuaikan kebiasaan baru dengan taat protokol kesehatan (prokes). Selain itu, Dispar Jogja juga menggunakan sistem daring dengan menguatkan kanal Youtube-nya.

“Bisa mengatasi rasa rindu yang belum bisa berkunjung ke Kota Jogja. Memberi sinyal, bahwa Kota Jogja tetap bekerja keras dalam menyiapkan destinasi wisata, agar memberi rasa aman dan nyaman pada wisatawan hingga saatnya nanti bisa berkunjung ke Kota Jogja,” kata Wahyu. “Kami benar-benar serius menerapkan prokes ke semua industri dan objek wisata di Jogja.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement