Advertisement

Berdirinya Dinas Kelautan dan Perikanan di Bantul Bisa Percepat Tindak Lanjut Aspirasi

Catur Dwi Janati
Senin, 05 April 2021 - 07:57 WIB
Sunartono
Berdirinya Dinas Kelautan dan Perikanan di Bantul Bisa Percepat Tindak Lanjut Aspirasi Sejumlah nelayan menghitung hasil tangkapan bersama pengepul ikan. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KRETEK - Kabar akan berdirinya kembali Dinas Kelautan dan Perikanan disambut positif oleh Pemerintah Kalurahan para nelayan di Parangtritis. Kalurahan Parangtritis menilai kembali berdirinya dinas tersebut akan memangkas birokrasi para nelayan.

Lurah Parangtritis, Bantul Topo menuturkan adanya Dinas Kelautan dan Perikanan akan membuat informasi dari dan ke nelayan akan lebih cepat sampai. "Prosesnya jadi lebih cepat. Tidak melalui dua tahapan, tapi satu tahapan sudah selesai karena punya kepala dinas sendiri," tuturnya Minggu (4/4/2021).

Advertisement

"Kalau tidak berdiri sendiri kan harus Ke Kabid Kelautan dan Perikanan, baru masuk Kepala Dinas. Besok kalau berdiri sendiri kan jadi lebih cepat. Aspirasi nelayan bisa segera ditangkap dan bisa direalisasi," imbuhnya.

BACA JUGA : Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul Dihidupkan Lagi

Meski dirasa lebih lama, Topo tak menampik kerja dinas yang digabung sekarang sebenarnya juga baik. "Sekarang kan dari Kabid Keluatan dan Perikanan, baru ke Kepala Dinas, kan agak lama. Walaupun kemarin kerjaan semuanya baik," katanya.

"Pemisahan Dinas Kelautan dan Perikanan dengan Dinas Pertanian dan Pangan itu dampaknya baik. Istilahnya itu tahapannya berkurang," ungkapnya.

Sebelumnya Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menuturkan rencana pemisahan Dinas Kelautan dan Perikanan dengan Dinas Pertanian dan Pangan masih terus dikaji. "Ini sedang dalam kajian, karena potensi lokal kita laut. Sementara dalam misi kita hari ini pendayagunaan potensi lokal itu harus dikedepankan," ujarnya.

BACA JUGA : Perikanan Bantul Fokus pada 3 Jenis Ikan Ini

Namun Halim menegaskan implementasi wacana tersebut paling cepat akan terjadi pada triwulan ketiga. "Agar pengelolaan pesisir laut, tambak dan perikanan yang ada di Bantul itu optimal, maka Dinas Kelautan dan Perikanan itu akan kita hidupkan. Target mungkin triwulan ketiga tahun ini [aktif]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement