Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul Dihidupkan Lagi

Perahu nelayan diparkir di kawasan Pantai Depok - Harian Jogja/Dokumen
01 April 2021 06:27 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih bakal menghidupkan kembali Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Rencananya, dinas yang kini bergabung dengan Dinas Pertanian dan Pangan tersebut akan berdiri sendiri sekitar pertengahan tahun.

Halim menyatakan saat ini wacana pemisahan Dinas Kelautan dan Perikanan dengan Dinas Pertanian dan Pangan masih terus dikaji. "Masih terus dikaji, karena potensi lokal di Bantul salah satunya laut sangat banyak, sementara dalam misi kami pendayagunakan potensi lokal harus dikedepankan," ujarnya, Rabu (31/3/2021).

Menurut Halim, DKP paling cepat mulai aktif di triwulan ketiga 2021. "Agar pengelolaan pesisir laut, tambak dan perikanan yang ada di Bantul itu optimal, maka DKP harus hidupkan," kata Halim.

Ketua DPC HNSI Bantul, Suyanto mengatakan perhatian pemerintah terhadap nelayan saat ini sangat minim menyusul hilangnya DKP di Bantul. "Setelah DKP berdiri sendiri, dengan sendirinya perhatian pemerintah akan lebih terfokus ke nelayan, sehingga bantuan juga mudah diakses," ujarnya.