Advertisement

Malang Diguncang Gempa Susulan Minggu Pagi

Newswire
Minggu, 11 April 2021 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Malang Diguncang Gempa Susulan Minggu Pagi Kondisi salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Malang di Desa Kali Uling, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (11/4/2021). Sekitar ratusan rumah warga di wilayah itu rusak akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Malang. - Antara/Zabur Karuru.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gempa bumi kembali terjadi dengan magnitudo 5,5 di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu, pukul 06.54 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa itu tidak memiliki potensi tsunami.

Advertisement

Gempa M 5,5 itu terjadi di kedalaman 98 kilometer (km) dengan pusat gempa berada 80 kilometer barat daya Kabupaten Malang, tepatnya berada di koordinat 8,84 lintang selatan-112,41 bujur timur.

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Mewaspadai Potensi Banjir dan Longsor Pascagempa

Sebelumnya gempa bumi dengan magnitudo 6,7 yang diperbarui BMKG menjadi magnitudo 6,1 juga terjadi di sebelah barat daya Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4/2021), pukul 14.00 WIB. Titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur dengan episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang di kedalaman 25 km.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa tersebut memiliki spektrum guncangan yang luas. Sehingga dirasakan hingga Banjarnegara dan Bali.

Sebanyak 16 BPBD Kabupaten/Kota di Jawa Timur melaporkan adanya kerusakan bangunan mulai dari kategori rusak ringan, rusak sedang maupun rusak berat.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bela sungkawa kepada korban yang meninggal dunia akibat gempa bumi yang terjadi Sabtu siang, 10 April 2021, di wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. Terdata lima korban meninggal berasal dari Lumajang, tiga lainnya warga Kabupaten Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement