Gantikan SMAN 9 Jogja, Percontohan PTM SMAN 6 Ditunda karena Belum Selesai Vaksin

Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
19 April 2021 03:17 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Sekolah Menengah Negeri (SMAN) 6 Jogja belum akan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sesuai rencana Senin (19/4/2021). Hal ini lantaran belum semua guru dan tenaga pendidik mendapat vaksin dosis kedua. SMAN 6 Jogja menggantikan SMAN 9 Jogja sebagai sekolah percontohan PTM di DIY.

Menurut Kepala SMAN 9 Jogja, Siti Hajarwati, Surat Keputusan sekolahnya menjadi percontohan PTM diterima pada 14 April 2021. Namun untuk pemberitahuan secara informal telah ada sejak akhir Maret 2021. “Kami sudah siap-siap sebelum ditunjuk menjadi uji coba percontohan. Kami sudah siap-siap. Dulu kiranya Januari sudah mulai tatap muka, sejak November sudah mulai dibimbing,” kata Siti saat dihubungi secara daring, Minggu (18/4/2021).

Persiapan meliputi penambahan sarana prasarana penunjang protokol kesehatan (prokes) seperti wastafel. Skenario penyambutan peserta didik, koordinasi dengan puskesmas, pembuatan ruang isolasi dan lainnya juga sudah siap. Namun kendala utama terkait vaksinasi guru dan tenaga pendidik. Vaksin dosis pertama mereka terima pada 7 April 2021. Sementara jadwal untuk vaksin dosis kedua tanggal 5 Mei 2021.

Baca juga: Besok SMKN 1 Bantul Gelar Sekolah Tatap Muka

Setelah vaksin dosis kedua, bertepatan dengan libur Idul Fitri. Sehingga awal masuk PTM di SMAN 6 Jogja baru akan berlangsung pada 20 Mei 2021. “Tanggal 19 April sampai 20 Mei 2021 merupakan masa transisi, artinya kami penyempurnaan Standard Operating Procedure,” kata Siti.

“Bapak ibu guru [agar] dalam posisi siap mental dalam menghadap mereka. Baru vaksin sekali, posisinya berbeda dengan sembilan sekolah [percontohan] lain. Mungkin kami vaksinnya memang berbeda, mendapat jatah agak akhir.”

SMAN 9 Jogja Masih dalam Masa Renovasi

Adapun alasan perpindahan percontohan PTM dari SMAN 9 Jogja kepada SMAN 6 Jogja, lantaran sedang ada proses renovasi di SMAN 9 Jogja. Menurut Kepala SMAN 9 Jogja, Jumadi, renovasi ini mengakibatkan tumpukan material yang berpotensi menghalangi mobilitas peserta didik maupun orang tua yang hendak antar-jemput.

Baca juga: Dapat Surat Teguran karena Memicu Kerumunan Manusia, Begini Respons Panitia Kampung Ramadan Jogokariyan

“Hasil rapat tanggal 23 Maret, waktu itu kami meminta dievaluasi,” kata Jumadi saat dihubungi secara daring pada Minggu (18/4/2021).

“Akhirnya dialihkan, ditunjuk sekolah yang lain, SMAN 6 Jogja. SMAN 9 Jogja enggak jadi.”

Renovasi diperkirakan selesai sekitar bulan Juni 2021. Setelah itu, SMAN 9 Jogja akan mulai melakukan PTM, sekaligus bertepatan dengan tahun ajaran baru. “Insyaallah sudah siap semuanya. Untuk sekolah di DIY sudah ada edaran kepala sekolah, hampir seluruh sekolah sudah siap. Tidak hanya sepuluh sekolah [yang menjadi percontohan], semua sekolah insyaallah sudah siap,” kata Jumadi.

Selain SMAN 6 Jogja, sembilan sekolah percontohan PTM lainnya yaitu SMAN 1 Pajangan Bantul, SMAN 1 Gamping Sleman, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Wonosari Gunungkidul, SMKN 1 Jogja, SMAN 1 Sentolo Kulonprogo, SMAN 2 Playen Gunungkidul, SMKN 1 Pengasih Kulonprogo, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Depok Sleman, dan SMAN 9 Jogja. Namun ada perubahan untuk SMKN 1 Jogja.