PTM Hari Pertama di SMKN 1 Jogja Terpantau Lancar

Para peserta didik sedang melakukan kegiatan dalam PTM hari pertama di SMKN 1 Jogja, Senin (19/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
19 April 2021 15:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA -- Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) hari pertama di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Jogja terpantau lancar. Saat peserta didik masuk pukul 08.00 WIB, tidak terlihat adanya kerumunan. Sebelum memasuki sekolah, peserta didik juga mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, cek suhu, serta menyerahkan laporan screening dan persetujuan orang tua.

Kepala Balai Pendidikan Menengah Kota Jogja, Suhartati melihat persiapan di SMKN 1 Jogja telah sesuai standar yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY.

"Pelaksanaan sudah sesuai dengan standar," kata Suhartati saat ditemui di SMKN 1 Jogja, Senin (19/4/2021). "Berharap nanti menjadi percontohan betul, nantinya sistem ini dipakai untuk SMK yang lain juga nanti saatnya sudah mulai tatap muka."

Baca juga: Gara-gara Hajatan Mitoni, 29 Warga Playen Terinfeksi Covid-19

Percobaan PTM akan berlangsung selama dua pekan. Apabila lancar, maka Bulan Juli 2021 seluruh Sekolah Lanjutan Tingkat Atas akan membuka untuk PTM. Namun apabila ada kekurangan, akan ada evaluasi sebelum PTM berlaku untuk seluruh SLTA. Suhartati meminta kepala sekolah untuk terus mengawasi peserta didik dan guru. Saat ada yang bergejala, maka harus segera ditangani.

"Misal ada guru atau murid yang merasa tidak enak badan, harus di-off-kan, tidak usah masuk. Meski belum ada keputusan positif atau tidak positif. Isolasi mandiri dulu sampai badan fit lagi," kata Suhartati.

Pada dasarnya kesehatan dan keselamatan menjadi yang utama. PTM juga berlangsung secara bertahap, tidak tergesa-gesa. Suhartati tidak ingin ada klaster baru saat PTM apabila persiapan atau pelaksanaan belum maksimal.